06/12/2019 14:39:33
Info Kesehatan

Awas! Bayi Bisa Lahir Cacat Jika Pola Makan Ibu Hamil Buruk

Setiap ibu hamil (bumil) harus memerhatikan pola makan yang sehat, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, ibu hamil perlu memastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar kesehatan diri dan janin dalam kandungan tetap terjaga.

Mengapa pola makan selama hamil itu penting? Sebab, pola yang buruk dapat meningkatkan risiko bayi terlahir cacat. Jadi, pola makan selama kehamilan bukan sekadar mengenyangkan, tapi juga memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Berikut adalah berbagai risiko bayi lahir cacat yang dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk selama kehamilan, seperti dilansir dari Alo Dokter.

Spina bifida

Spina bifida merupakan kondisi cacat tabung saraf yang disebabkan oleh kurangnya asupan asam folat selama kehamilan. Kondisi ini ditandai dengan adanya celah pada  tulang belakang janin.

Untuk mencegah bayi menderita spina bifida, pastikan bahwa asupan asam folat harian bumil terpenuhi dengan baik. Caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung folat atau bisa pula mengonsumsi suplemen folat sesuai anjuran dokter.

Anensefali

Sama halnya dengan spina bifida, anensefali merupakan kondisi cacat tabung saraf yang disebabkan oleh kurangnya asupan asam folat selama kehamilan. Anensefali menyebabkan otak, kulit kepala, dan tengkorak kepala janin tidak terbentuk dengan sempurna.

Bibir sumbing

Kurangnya asupan asam folat dan vitamin A pada trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi terlahir cacat dengan kondisi bibir sumbing dan celah pada langit-langit mulut. Oleh karena itu, bumil dianjurkan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kedua nutrisi tersebut agar risiko bayi terlahir dengan kondisi bibir sumbing dapat diminimalisasi.

Penyakit jantung bawaan

Ibu hamil yang kekurangan asupan  vitamin B2 (riboflavin) dan B3 (niacin) berisiko tinggi melahirkan bayi dengan penyakit jantung bawaan. Risikonya akan semakin bertambah jika bumil juga gemar mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh.

Gastroschisis

Gastroschisis merupakan cacat lahir pada dinding perut bayi di mana usus bayi keluar melalui lubang di sisi pusar. Jika memiliki indeks massa tubuh yang terlalu rendah, ditambah lagi dengan kurangnya asupan protein atau zinc, bumil berisiko melahirkan bayi dengan kondisi gastroschisis.

Hernia diafragma bawaan

Kurangnya konsumsi asupan vitamin B12, vitamin E, retinol, kalsium, dan selenium saat hamil dapat membuat bumil berisiko tinggi melahirkan bayi dengan hernia diafragma bawaan. Kondisi cacat lahir ini ditandai dengan adanya lubang pada selaput diafragma, sehingga organ di rongga perut bayi masuk ke rongga dadanya.

Mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan merupakan bagian penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Agar lebih jelas, berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk mengetahui asupan nutrisi yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan bumil. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Awas! Bayi Bisa Lahir Cacat Jika Pola Makan Ibu Hamil Buruk