16/12/2019 10:43:15
Info Kesehatan

Awas! Kencing Berdarah Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Ginjal

Foto: Ilustrasi: Internet

Akhir pekan lalu, ada kabar mengejutkan yang datang dari penyanyi muda Vidi Aldiano. Pelantun tembang ’’Status Palsu’’ tersebut didiagnosa mengidap kanker ginjal oleh dokter yang merawatnya di rumah sakit di Singapura. Seperti apa kanker ginjal itu? Apa saja gejalanya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

 

Jika Sobat Dokcil atau salah satu anggota keluarga pernah mengalami kencing berdarah, maka sudah sepatutnya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Sebab, kencing berdarah bisa menjadi gejala awal kanker ginjal. Apa itu kanker ginjal?

Kanker ginjal adalah kanker yang berasal dari dalam ginjal. Ginjal terdiri dari dua bagian organ terpisah yang berbentuk seperti kacang, masing-masing seukuran kepalan tangan. Ginjal berada di dalam perut bagian bawah, dengan satu ginjal di sisi sebelah kanan dan kiri tulang belakang. Ginjal adalah bagian dari organ saluran kandung kemih. Ginjal memproduksi air seni dengan membuang sampah hasil pencernaan makanan dan kelebihan cairan dari darah.

Sel renal karsinoma adalah salah satu jenis dari kanker ginjal. Kanker sel renal karsinoma ini meliputi 90-95 persen dari semua kasus penderita kanker ginjal. Akan tetapi, kanker ini terjadi kepada 1 dari 10.000 orang setiap tahun.

Jenis kanker ginjal lain yang umum terjadi adalah karsinoma sel transisi, Tumor  Wilms, dan renal sarkorma. Karsinoma sel transisi terjadi di setiap 100 kasus kanker ginjal, sekitar 5 sampai 10 kasus, seringkali dikenal sebagai urothelial karsinomas.

Sedangkan, Tumor Wilms (nephroblastoma) hampir selalu terjadi kepada anak-anak. Kanker ginjal jenis ini sangat jarang menyerang orang dewasa. Kemudian, renal sarkoma adalah kanker ginjal yang jarang terjadi. Renal sarkoma mulai menyerang dari pembuluh darah atau jaringan ikat ginjal. Kasus kanker jenis ini kurang dari 1% dari seluruh jenis kanker ginjal

Sobat Dokcil mungkin juga merasa penasaran tentang seberapa umum kanker ginjal bisa terjadi. Perlu diketahui, kanker ginjal adalah penyakit yang bisa dialami pria dan wanita di semua kalangan usia. Meski begitu, kanker ini bisa dicegah dengan mengurangi faktor pemicunya.  

Beberapa faktor pemicu kanker yang paling utama adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, dan minum minuman keras.  Kelebihan berat badan atau obesitas, faktor genetik keluarga, dan beberapa kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi atau tengah berada dalam pengobatan, juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker ginjal. Untuk lebih memastikannya, jauh lebih baik jika Sobat Dokcil selalu berkonsultasi dengan dokter.

Lalu, apa saja gejala kanker ginjal? Gejala awal penyakit ini mungkin saja tidak terdeteksi. Gejala kanker ginjal akan semakin nyata bila tahapan sel kanker semakin besar. Kanker ginjal sendiri memiliki 4 tahap yakni:

·        Tahap 1: sel kanker sebesar 7 cm atau lebih kecil timbul di dalam ginjal

·        Tahap 2: sel kanker tumbuh lebih besar dari 7 cm

·     Tahap 3: sel kanker sudah menyebar ke setidaknya salah satu kelenjar getah bening di dekatnya, atau di pembuluh darah utama ginjal, atau meluas ke vena mayor atau jaringan perinefrik

·        Tahap 4: sel kanker telah menyebar ke organ lain, seperti usus, pankreas , atau paru-paru

Berikut beberapa gejala kanker ginjal yang perlu Anda waspadai :

- Urine berwarna merah muda karena mengandung darah

- Teraba benjolan di area pinggang ke arah belakang

- Hilang nafsu makan secara tiba-tiba

- Rasa nyeri pada pinggang yang tak reda dalam waktu lama

- Deman yang berlangsung selama 2 minggu lebih tanpa ada infeksi tenggorokan atau flu

- Sering kelelahan tanpa sebab

- Bengkak di pergelangan kaki

Jadi, jika Sobat Dokcil mengalami salah satu diantara tanda-tanda di atas, terutama jika melihat darah di air seni atau mengalami rasa nyeri atau pembengkakan di sekitar perut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. (*)

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Awas! Kencing Berdarah Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Ginjal