27/12/2019 19:32:29
Info Kesehatan

Menyiapkan Menu Sehat untuk Natal

Untuk menyambut hari Natal mungkin Anda sudah disibukkan dengan berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas keagamaan hingga menyiapkan hidangan. Ya, rasanya kurang lengkap jika tidak menyajikan makanan khas Natal. Namun, secara tidak sadar, biasanya bahan-bahan yang digunakan mengandung lemak atau kalori tinggi yang dapat merugikan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan saat mengolahnya.

Menurut Leona Victoria Djajadi MND, ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Anda tetap bisa menciptakan menu Natal yang sehat juga nikmat terutama jika dimasak sendiri di rumah. Sebab, Anda bisa memilih menunya sendiri, jenis protein dan juga jenis minyak yang digunakan.

"Natalan untuk orang Jakarta tidak ada makanan yang spesial, biasanya kumpul-kumpul makan bersama keluarga maupun anggota Gereja lainnya sesudah ibadah saja. Jadi apapun menunya bisa 'disehatkan'," katanya kepada detikHealth.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Waspada Kebanyakan Makan Bisa Bikin Masuk IGD

Untuk membuat hidangan sendiri di rumah, kata Victoria, jika ada resep makanan yang menggunakan butter, bisa diganti dengan margarin dari bahan biji-bijian atau olive oil. Bahkan bisa juga bisa diganti dengan puree apple, mashed banana atau mashed avocado.

Begitu juga dengan penggunaan krim cair untuk membuat saus ataupun adonan, bisa diganti dengan plain Greek yoghurt yang low fat atau rendah lemak.

"Pilih cara masak yang dipanggang, direbus atau dikukus dibandingkan digoreng ataupun dibuat berkuah dengan santan," saran Victoria.

Victoria mengatakan, apabila memang tidak sempat memasak sendiri, bisa juga membeli makanan yang sudah jadi dengan cara yang menyehatkan, antara lain menyisihkan kulit atau lemak yang menempel di makanan tersebut, penuhi piring dengan sayur-sayuran terlebih dahulu, disusul protein, kemudian baru karbohidrat.

"Makan perlahan sehingga ada waktu untuk relay message kenyang dari perut ke otak," pungkasnya.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Menyiapkan Menu Sehat untuk Natal