24/01/2014 15:26:01

Jangan Anggap Sepele Cacingan

Sobat dokterkecil.com, pernah mengalami cacingan? Tentu tidak enak rasanya jika tekena cacingan, bukan?


Penyakit cacingan sering dianggap sebagai penyakit yang sepele oleh sebagian orang. Padahal penyakit ini dapat menurunkan daya tahan tubuh penderitanya serta memicu gizi buruk.


Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing-cacing seperti cacing gelang, cacing tambang, dan cacing cambuk, yang ditularkan melalui tanah. Tempat bersarang cacing-cacing di dalam tubuh manusia pun berbeda, ada yang bersarang di usus halus dan usus besar.

 

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia atau WHO, sekitar 40-60 persen penduduk Indonesia menderita cacingan dan lebih dari satu miliar penduduk dunia juga menderita cacingan. Meski tidak menyebabkan kematian, gangguan pencernaan ini tetap perlu diwaspadai. Gejala penyakit cacingan akan sulit dideteksi, jika jumlah cacing yang bersarang dalam tubuh masih sedikit.

 

Cacing dapat masuk melalui telur cacing yang terinfeksi yang masuk ke dalam makanan. Melalui makanan inilah, nantinya cacing-cacing ini masuk dan berkembang biak di dalam tubuh kita. Selain itu, cacing juga masuk ke tubuh manusia melalui kulit atau pori-pori. Dari tanah, misalnya lewat kaki telanjang yang menginjak telur, biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal.

 

Cacing yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit, bisa masuk ke pembuluh darah vena, lalu menuju paru-paru. Nah, di paru-paru anak mengalami batuk berdahak, asma. Tanda-tanda cacingan antara lain, perut buncit, badan kurus, rambut seperti rambut jagung, lemas dan cepat lelah, muka pucat, serta mata belekan.

 

Biasanya cacing memang tinggal di usus, karena cacing tidak bisa mencerna makanan. Tetapi cacing juga bisa menyebar ke tempat-tempat lain, seperti hati atau bagian tubuh lain.

 

Nah sobat dokterkecil.com, yuk kurangi bermain di tanah. Selain tubuh kita jadi kotor, kita juga bisa terkena bermacam-macam penyakit. Jangan lupa minum obat cacing secara teratur, setiap enam bulan sekali.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Jangan Anggap Sepele Cacingan