21/01/2020 11:46:56
Tren Isu

Cegah Virus Wuhan, Bisa Contoh 6 Negara Ini

Foto: Internet

Beberapa negara juga turut waspada dan mengantisipasi penyebaran virus pneumonia Wuhan tersebut dengan berbagai cara. Apa saja tindakan antisipasi yang mereka lakukan?

 

Wabah pneumonia yang berasal dari Wuhan telah menghebohkan dunia. Kabar terbaru dari China, wabah yang disebabkan oleh virus corona ini sudah menelan tiga korban jiwa dengan 139 kasus baru.  Virus ini telah menyebar hingga ke sejumlah negara termasuk Singapura.

Berikut  langkah-langkah antisipasi yang dilakukan beberapa negara untuk mencegah penyebaran virus misterius ini:

1. China

Sebagai negara yang menjadi sumber dari virus pneumonia, pemerintah China masih terus berupaya melakukan penyelidikan. Selain itu, 163 orang yang telah melakukan kontak fisik dengan para korban yang telah terinfeksi virus pneumonia langsung ditempatkan di bawah pengawasan medis.

Sejauh ini, belum diketahui apakah penularan virus tersebut dapat terjadi antarmanusia atau dari hewan ke manusia. Oleh karena itu, pasar yang pekerjanya sudah terinfeksi oleh virus pneumonia langsung ditutup dan diamankan oleh pemerintah guna mencegah terjadinya penularan virus tersebut.

2. Korea Selatan

Dalam merespons kabar virus pneumonia, Korea Selatan tampaknya lebih memfokuskan diri pada warganya yang ingin berkunjung ke Wuhan. Pemerintah Korea memperingati warganya agar tidak mengunjungi pasar lokal maupun menyentuh binatang liar atau unggas. Selain itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Korea Selatan juga telah membentuk satuan tugas karantina dalam menangani kasus tersebut.

3. Malaysia

Malaysia memfokuskan diri untuk memantau titik masuk internasional, khususnya yang kedatangannya dari Wuhan. Otoritas kesehatan di Malaysia menggunakan 2 tahap pemeriksaan untuk menangani kasus virus pneomonia tersebut.

Tahap pertama adalah pemeriksaan suhu, dimana otoritas kesehatan di Malaysia telah memfasilitasi pengujian suhu tersebut di bandara. Jika suhu penumpang terdeteksi ada kaitannya dengan virus tersebut,  maka penumpang tersebut akan diproses pada tahap selanjutnya, yakni karantina. Tak hanya itu, mereka yang diduga terinfeksi oleh pneumonia juga akan dirujuk di rumah sakit terdekat.

4. Singapura

Di Singapura, para dokter telah diperingatkan agar waspada dengan virus pneumonia. Oleh karena itu, para wisatawan yang datang dari Cina maupun warga Singapura yang baru kembali dari Wuhan diharuskan untuk menjalanai pemeriksaan suhu untuk mendeteksi adanya virus tersebut.

Adapun seorang anak kecil berusia 3 tahun yang baru saja kembali melakukan perjalanan dari Wuhan, langsung ditahan dan diisolasi sebagai bentuk pencegahan. Sebab, anak tersebut diduga mengidap pneumonia yang sama dengan yang ada di Wuhan.

Namun, ternyata hal tersebut tidaklah benar. Beberapa sumber megungkapkan bahwa pneumonianya tidak ada kaitannya dengan virus yang sedang heboh tersebut.

5. Thailand

Anutin Charnvirakul selaku menteri kesehatan masyarakat di Thailand mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak khawatir akan kabar virus pneumonia dari Wuhan tersebut. Sebab, pemerintah yakin akan dapat mengatasi hal tersebut berdasarkan pengalaman pejabat kesehatan dalam menangani penyakit menular seperti flu burung dan SARS sebelumnya. Sebagai tindakan nyata dalam merespons kasus tersebut, pemerintah telah memasang perangkat penyaringan suhu di bandara yang melayani penerbangan harian dari Wuhan.

6. Vietnam

Seperti halnya Malaysia, Singapura dan Thailand, Vietnam pun merespons kabar virus pneumonia ini dengan melakukan pemeriksaan suhu pada para penumpang yang datang dari Wuhan. Hal tersebut dilakukan guna mendeteksi dan mencegah terjadinya penyebaran virus ini di Vietnam. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tren Isu: Cegah Virus Wuhan, Bisa Contoh 6 Negara Ini