17/02/2020 11:24:37
Info Kesehatan

Gejala Virus Corona Mirip Pilek? Begini Cara Membedakannya!

Foto: Internet/FDA

Wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, China, masih menyebar dan meluas ke beberapa negara dan menjadi momok yang menakutkan karena sudah menewaskan lebih dari 1.000 orang di seluruh dunia. Bahkan, saking cemasnya, saat menderita flu biasa pun masyarakat global jadi takut terkena virus bernama Covid-19 tersebut.


Gejala pilek dan influenza dengan virus corona memang mirip karena terkait masalah pernapasan. Akan tetapi, saat gejala menyerang, sebaiknya jangan panik dulu. Siapa tahu itu hanya flu biasa bukan karena virus corona.

Apa saja perbedaan penyakit flu biasa (pilek), influenza, dan virus corona? Berikut penjelasannya dikutip dari laman World of Buzz:

Pilek

Pilek umumnya terjadi karena infeksi pada hidung dan tenggorokan yang tidak berbahaya. Biasanya gejala yang timbul adalah hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, sedikit sakit pada tubuh, dan sakit kepala ringan, juga disertai bersin dan demam.

Setelah beberapa hari maka akan keluar ingus. Saat ingus sudah berwarna hijau dan kuning biasanya pilek akan segera sembuh. Kurang lebih pilek akan sembuh dalam waktu tujuh hari.

Influenza

Influenza bukan lah penyakit yang biasa, bahkan bisa menyerang secara tiba-tiba. Influenza ini berbeda dengan pilek. Influenza jauh lebih berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Gejala yang mungkin timbul adalah demam tinggi hingga 40 derajat celcius. Menggigil, batuk, kelelahan, sakit tenggorokan, mual, muntah, diare, sulit bernapas, sakit kepala, mata kering, hingga ruam. Jika tanda-tanda itu muncul ada baiknya untuk segera pergi ke dokter.

Virus Corona

Gejala infeksi virus corona ini termasuk gejala pernapasan yang umum, seperti demam, batuk kering, sesak napas, dan kesulitan bernapas. Hanya saja pada kasus ini jauh lebih parah dan infeksi dapat menjadi lebih buruk, terjadi pneumonia, sindrom pernapasan akut yang parah, gagal ginjal, bahkan kematian.

Jika Kamu baru saja kembali dari Tiongkok, pantau kesehatan Kamu selama 14 hari. Pergilah ke dokter saat melihat gejala-gejala yang ada. Kamu bisa mencegah diri dari virus dengan tetap menjaga kebersihan dan menggunakan masker.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Gejala Virus Corona Mirip Pilek? Begini Cara Membedakannya!