24/02/2020 17:05:33
Info Kesehatan

Ingin Donor Darah Tapi Menderita Diabetes, Boleh Nggak Ya?

Foto: Ilustrasi/Internet

Manfaat donor darah tak hanya untuk penerima, tapi juga pendonornya. Ya, donor darah adalah hal yang sehat untuk dilakukan. Lalu, apakah penderita diabetes masih boleh mendonorkan darahnya?


Seperti dikutip dari Boldsky, secara umum penderita diabetes masih diperkenankan untuk melakukan donor darah dengan syarat-syarat tertentu yang wajib dipenuhi. Salah satunya adalah bila penyakitnya tersebut senantiasa terkontrol dengan meregulasi kadar gula darah dengan baik dan berolahraga secara teratur.

Bagi penderita diabetes, sangat penting bagi Anda untuk mengecek kesehatan diri sebelum berdonasi darah. Konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter atau petugas kesehatan yang memahami kesehatan Anda.

Bila Anda termasuk ke dalam golongan orang yang didiagnosa prediabetes, Anda masih dapat mendonorkan darah selama tidak memiliki masalah jantung. Namun, Anda tidak diperkenankan mendonorkan darah apabila merupakan penderita diabetes tipe 1 dan 2 yang menggunakan insulin.

Sementara itu,  orang yang mengkonsumsi obat untuk diabetes dapat mendonorkan darah asalkan obat yang diminum tidak berubah dalam empat minggu terakhir. Bila berubah, hal tersebut akan berdampak pada kadar glukosa darah Anda, yang bisa berisiko terhadap kesehatan.

Dalam kebanyakan kasus, orang-orang yang memiliki masalah jantung tidak memenuhi syarat untuk mendonorkan darah. Penderita diabetes dengan masalah jantung yang mengalami gagal jantung, pingsan akibat masalah jantung atau menjalani operasi untuk arteri yang tersumbat tidak diperkenankan melakukan donor darah.

Apa yang harus dilakukan setelah donor darah? Setelah melakukan donor darah, pantaulah kadar gula darah Anda dan makan makanan kaya zat besi selama 24 minggu. Jika lengan Anda terasa sakit setelah donor darah, minum acetaminophen. Untuk menghindari memar, tetap perban setidaknya selama empat jam. Hindari aktivitas berat apapun selama 24 jam setelah berdonasi dan tingkatkan asupan cairan Anda.

Ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum donor darah bagi penderita diabetes:

1. Pra-diabetes

Orang-orang yang telah didiagnosis dengan pra-diabetes bisa donor darah selama tidak bermasalah dengan jantung.

2. Asupan Insulin

Mereka penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang menggunakan insulin tambahan tidak boleh menyumbangkan darah.

3. Obat Diabetes

Orang yang menggunakan obat diabetes bisa donor darah, kecuali saat menyumbangkan darah obat tidak berubah dalam empat minggu terakhir.

Mengingat saat obat berubah maka akan berdampak pada kadar glukosa darah, artinya darah berisiko untuk disumbangkan.

4. Masalah jantung

Dalam beberapa kasus, orang diabetes yang jantungnya bermasalah tidak bisa donor darah, apalagi dengan mereka yang pernah gagal jantung.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ingin Donor Darah Tapi Menderita Diabetes, Boleh Nggak Ya?