05/05/2020 12:26:27
Info Kesehatan

Benarkah Kelelahan Bisa Picu Serangan Jantung?

Foto: Internet/Ilustrasi

Berita kematian Penyanyi Campursari Didi Kempot yang diduga karena serangan jantung akibat kelelahan, menambah panjang daftar selebritas negeri yang meninggal disebabkan kasus yang sama. Lalu, benarkah kelelahan dapat memicu serangan jantung?


Dilansir dari HaloDoc, serangan jantung dapat terjadi tanpa merasakan nyeri dada. Ternyata, gagal jantung dan beberapa penyakit jantung lainnya tidak menunjukkan tanda seperti nyeri. Serangan jantung bisa terjadi karena dipicu stres, aktivitas fisik, atau cuaca dingin yang menyebabkan pembuluh darah berkontraksi atau kejang.

Jika pembuluh darah berkontraksi, ini akan mengurangi jumlah darah yang bisa masuk ke otot jantung. Kelelahan bisa menjadi tanda serangan jantung. Menurut American Heart Association, beberapa wanita, bahkan mengalami serangan jantung menyerupai gejala seperti flu.

Serangan jantung dapat dipicu oleh kelelahan. Sensasi kelelahan ini dikarenakan tekanan ekstra pada jantung ketika mencoba memompa sementara area aliran darah tersumbat. Jika Anda sering merasa lelah atau kelelahan tanpa alasan, itu bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah.

Kelelahan dan sesak napas lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan dapat dimulai berbulan-bulan sebelum serangan jantung. Itulah mengapa penting untuk mengunjungi dokter sedini mungkin ketika Anda mengalami tanda-tanda awal kelelahan.

Jantung adalah otot yang berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung. Ketika tidak ada cukup darah yang mengalir ke otot jantung, bagian yang terkena bisa rusak atau mati. Ini berbahaya dan terkadang mematikan.

Serangan jantung terjadi tiba-tiba, tetapi biasanya disebabkan oleh penyakit jantung yang sudah berlangsung lama. Biasanya, sebuah plak lilin menumpuk di dinding di dalam pembuluh darah yang mengganggu pergerakan otot jantung. Kadang-kadang juga gumpalan darah pecah dan melewati pembuluh darah menuju ke otot jantung yang mengakibatkan serangan jantung.

Selain kelelahan yang luar biasa, tanda yang kurang umum lainnya yang menunjukkan kalau Anda mengalami serangan jantung adalah sesak napas. Jangan terlalu cepat menganggap sesak napas hanyalah masalah biasa.

Napas pendek yang tidak dapat dijelaskan yang terjadi dengan sedikit aktivitas dapat mengindikasikan gangguan jantung. Jika Anda menaiki lima anak tangga, kemudian kehabisan napas itu mungkin mengindikasikan masalah jantung. (*)

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Benarkah Kelelahan Bisa Picu Serangan Jantung?