11/05/2020 12:11:21
Info Kesehatan

Penyakit Misterius Terkait Covid-19, Serang Ratusan Anak di AS dan Eropa

Foto: Internet/Ilustrasi

Lebih dari 100 anak di Amerika Serikat (AS) dan Eropa, terjangkit penyakit misterius yang menyerang darah. Penyakit ini diduga masih ada kaitannya dengan jenis virus corona baru, Covid-19. Seperti apa?

Saat ini ada 64 anak yang dirawat di rumah sakit kota New York dengan penyakit misterius yang membingungkan para dokter. Awalnya, 15 anak yang terinfeksi berusia antara 2 dan 15 dan memiliki gejala seperti mengalami demam, dan sebagian besar mengalami ruam, sakit perut, muntah atau diare. Setelah diperiksa lebih lanjut, empat dari anak-anak dinyatakan positif Covid-19, tetapi 11 lainnya tidak.

Dari sebuah survei yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Negara Bagian New York, ditemukan banyak anak-anak yang mengalami sindrom peradangan multi-gejala pediatrik baru. Gejala tersebut mirip dengan syok toksik atau sindrom Kawasaki yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

Dokter sendiri, dilaporkan CGTN pada Kamis (7/5), belum mengetahui sepenuhnya spektrum dari penyakit tersebut.  Namun, para dokter percaya gejala-gejala ini bisa menjadi ’’reaksi paska-imun terhadap Covid-19’’ dimana tubuh terus memerangi penyakit, bahkan berminggu-minggu setelah sakit.

Menurut Departemen Kesehatan, beberapa gejala yang dialami oleh anak-anak tersebut meliputi demam, ruam, sakit perut, muntah dan diare. Namun hanya sebagian yang mengalami sesak napas.

Atas adanya penyakit misterius tersebut, pihak kota New York mengeluarkan peringatan kesehatan kepada orang tua pada Senin (4/5). Orang tua diimbau untuk membawa anak-anak mereka ke dokter jika menemukan gejala yang berkaitan dengan sindrom tersebut.

Komisaris Kesehatan Kota New York, Dr. Oxiris Barbot meminta dokter untuk mencari pasien yang mungkin mengidap penyakit ini.

’’Meskipun hubungan sindrom ini dengan Covid-19 belum didefinisikan, dan tidak semua kasus ini dinyatakan positif Covid-19 melalui tes DNA atau serologi, sifat klinis dari virus ini adalah yang kita pertanyakan, sehingga kami meminta semua penyedia layanan untuk menghubungi kami segera jika mereka melihat pasien yang memenuhi kriteria yang telah kami uraikan,’’ katanya dalam memo itu.

Komisaris kesehatan negara bagian New York Dr. Howard A. Zucker mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki penyakit tersebut.

’’Sejauh ini, dari apa yang kami pahami, ini adalah komplikasi langka pada populasi anak yang mereka yakini terkait dengan Covid-19. Kami menyelidikinya dengan sangat cermat,’’ ujar Dr. Howard.

Kasus serupa juga muncul di Eropa dan beberapa negara bagian di AS. Secara keseluruhan, Washington Post melaporkan, jumlah anak dengan gejala langka ini cukup sedikit dan sebagian besar sudah dirawat dengan pengobatan. Tidak ada anak yang meninggal akibat sindrom tersebut. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Penyakit Misterius Terkait Covid-19, Serang Ratusan Anak di AS dan Eropa