12/05/2020 12:35:23
Info Kesehatan

Kapan Waktu yang Tepat Bawa Anak ke RS selama Pandemi Covid-19?

Foto: Internet/Ilustrasi

Ditengah masa pandemic Covid-19 ini, masyarakat diimbau untuk menghindari kunjungan ke rumah sakit (RS). Lalu, bagaimana jika anak sakit atau sekadar berkonsultasi terkait tumbuh kembang, imunisasi, dan yang lainnya? Kapan waktu yang tepat untuk membawa anak ke RS?


Menurut Dokter Spesialis Anak dr. Endah Citraresmi, Sp.A (K), jika untuk kebutuhan imunisasi, konsultasi pertumbuhan, dan konsultasi kesehatan anak, sebenarnya bisa ditunda. Imunisasi misalnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan bisa ditunda hingga 2 minggu, lalu baru boleh membawa anak ke rumah sakit karena sifatnya tidak darurat.

’’Tapi kalau memang harus pergi ke rumah sakit, pilih rumah sakit yang sudah mengatur kunjungan dengan memisahkan anak yang sehat dengan yang sakit. Itu upaya agar tidak terpapar. Jadi intinya adalah sebisa mungkin kurangi kunjungi. Kalau terpaksa, harus menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan benar," kata dr. Endah dalam siaran langsung di Instagram resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) belum lama ini.

Jika kondisi kesehatan anak drop dan membutuhkan penanganan segera, misalnya mengalami sesak napas, diare hingga terjadi dehidrasi, penurunan kesadaran, atau sakit perut yang hebat sampai tidak bisa ditangani di rumah, maka saat itulah orang tua harus segera membawanya ke RS.  

Selain itu, bila demam 2-3 hari tanpa penyebab yang pasti, anak patah tulang atau mengalami luka lebar, anak mengalami pendarahan terus menerus, keracunan makanan, tersedak, dan digigit hewan berbisa atau diduga mengalami penyakit seperti rabies.

’’Kalau orang tua bisa menanganinya di rumah dan teratasi, tidak perlu dibawa ke rumah sakit. Tapi kalau sudah gawat, harus langsung masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) ya. Jangan ke antrian dokter,’’ kata dokter yang berpraktek di RSIA Bunda Jakarta di Jakarta Pusat ini.

Lantas, bagaimana dengan anak dengan penyakit kronis yang harus memerlukan kontrol teratur ke dokter?

Dokter Endah mengatakan, hal tersebut masih bisa disiasati dengan menghabiskan obat yang sudah diberikan oleh dokter. Tapi jika sudah habis, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter apakah perlu ada penambahan obat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua untuk memiliki kontak atau nomor telepon dokter . Kemudian kalau dirasa diperlukan penambahan obat, anak bisa langsung dibawa ke RS  dengan perjanjian.

’’Misalnya untuk pasien anak autoimun, sebenarnya sebisa mungkin tidak ke rumah sakit, kalau misalnya obatnya masih ada, dan konsultasi dengan dokter kapan waktu kontrol yang tepat. Lalu kalau kambuh, bisa langsung menghubungi ke dokter yang bersangkutan atau menghubungi rumah sakit untuk konsultasi pemeriksaan dan penambahan obat,’’ ujar dr. Endah.

Dokter yang juga konsultan imunologi anak ini menekankan agar masyarakat mengurangi kunjungan ke rumah sakit saat kondisi anak masih bisa ditangani di rumah. Kalau sudah dirasa mengalami kegawatdaruratan, tetap lakukan cuci tangan yang baik, dan menjaga jarak. Itu semua akan membuat anak terhindar dari virus corona dan virus lainnya. (*)

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Kapan Waktu yang Tepat Bawa Anak ke RS selama Pandemi Covid-19?