20/05/2020 13:42:54
Info Kesehatan

Serang Saluran Pencernaan, Gejala Baru Covid-19 di Indonesia

Foto: Internet/Ilustrasi

Gejala penularan virus Covid-19 terus berubah-ubah. Setelah gejala yang menyerang saluran pernapasan, para peneliti di Indonesia menemukan gejala baru virus ini yang menyerang saluran pencernaan.

Gejala tersebut, menurut para peneliti, berbeda dengan pasien di negara lain. Demikian disampaikan seorang Dokter di RSCM di Universitas Indonesia seperti dilansir dari Kompas.com.

Para peneliti mulai menemukan gejala sakit pada saluran pencernaan menjadi gejala umum penyakit covid-19. Studi yang dilakukan beberapa peneliti di Indonesia menemukan bahwa pasien positif covid-19 memiliki gejala gastrointestinal.

’’Gastrointestinal adalah saluran pencernaan. Beberapa pasien covid-19 datang dengan gejala sakit pada saluran pencernaan. Seperti nyeri perut, mual, muntah dan diare,’’ ujar dr Muhammad Khifzhon Azwar, tim peneliti Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Hasil penelitian Gastrointestinal Presentation in covid-19 in Indonesia ini telah dipublikasikan dalam jurnal National Library of Medicine, National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Jika pada penemuan awal pasien mengalami masalah pada pernapasan hingga mengarah pada flu atau pneumonia, kini dokter menemukan gejala tak biasa pada saluran pencernaan pada beberapa pasien yang dirawat.

’’Di Indonesia ini termasuk gejala yang tidak biasa. Sebab, seperti dilaporkan BNPB, gejala nyeri perut terjadi pada 7,5 persen pasien covid-19,’’ kata dr Khifzhon.

’’Data yang kami catat pada jurnal itu dari China, di sana pasien dengan gejala saluran pencernaan hanya terjadi pada 2 persen pasien postif covid-19. Sedangkan, di Indonesia kasusnya lumayan tinggi 7,5 persen,’’ ujar dr Khifzhon menambahkan.

Ia pun menyampaikan bahwa virus corona tersebut bisa menular dari mana pun.

’’Bukan bermasuk menakut-nakuti. Melalui studi ini kami ingin menyampaikan Virus Corona ini dapat masuk dari mana-mana, jadi perlu berhati-hati,’’ ucapnya menegaskan. (*)

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Serang Saluran Pencernaan, Gejala Baru Covid-19 di Indonesia