24/01/2014 15:26:01

Stress, Hati-hati Maag

Sobat dokterkecil.com, penyakit maag saat ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja tetapi anak-anakpun perlu diwaspadai. Memang, angkanya masih rendah, namun dengan adanya perubahan pola makan seperti makan pedas dan asam, berlemak, ditambah dengan banyaknya kegiatan sekolah dan luar sekolah yang membuat tingkat stres lebih tinggi memicu penyakit maag.

 

Maag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyakit ini banyak sekali diderita oleh manusia di dunia. Seringkali maag dianggap enteng karena dianggap penyakit telat makan.

 

Menurut data WHO tahun 2011, diperkirakan 1,7 miliar penduduk dunia menderita Maag. Sedangkan untuk Indonesia sendiri, menunjukkan 5 dari 10 orang mengalami sakit Maag.

 

Penyebab maag adalah stress, pola makan makanan yang pedas, asam, dan makanan yang mengandung bahan pengawet dan pewarna. Pola minum seperti kopi, teh yang berlebihan membuat dinding lambung menipis dan tidak mampu menahan kerasnya asam lambung. Obat-obatan kimia seperti aspirin, formalin, melamine merupakan obat-obatan yang mengandung asam tinggi.

 

Gejala yang dirasakan penderita maag seperti rasa yang tidak nyaman di daerah ulu hati, rasa nyeri, perih, serta keluhan lain seperti mual, kembung, cepat kenyang, merasa penuh, sampai muntah-muntah. Kadang, jika rasa nyeri itu begitu hebatnya, sampai terasa sakit tembus ke tubuh bagian belakang.

 

Nah sobat dokterkecil.com, hati-hati dalam memilih makanan ya, terutama yang pedas dan asam. Lebih baik mencegah dari pada mengobati lho…

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Stress, Hati-hati Maag