30/07/2020 11:07:55
Info Kesehatan

Pandemi Corona Belum Usai, Lansia dan Anak-anak Diimbau Tidak Ikut Salat Idul Adha

Foto: Internet/Ilustrasi

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020, Kementerian Kesehatan mengimbau agar anak-anak dan orang lanjut usia (lansia) tidak melaksanakan salat Id secara berjamaah di lapangan atau masjid. Hal ini untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19.


Imbauan ini disampaikan oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr. Riskiyana S. Putra M. Kes, dalam konferensi BNPB, Selasa (28/7).

Orang lanjut usia di atas 65 tahun lebih berisiko atau rentan tertular virus corona dibanding usia muda. Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, 31-59 persen orang dewasa berusia 65-84 dan 31-70 persen orang dewasa di atas 85 telah dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Perkiraan  4-11 persen orang dewasa antara 65-84 tahun dan 10-27 persen orang dewasa di atas 85 tahun, meninggal karena virus ini.

Sebelumnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menegaskan bahwa meskipun Covid-19 pada anak dianggap lebih ringan oleh banyak pakar, namun mereka tetap bisa tertular dan berpotensi menularkan penyakit tersebut kepada orang lain.

’’Cuci tangan dengan sabun dan masker tetap dilaksanakan dengan protokol yang ketat,” ujar.

Pemeriksaan suhu juga dilakukan sebelum masuk area masjid. Bagi jamaah yang suhu tubuhnya 37,5 derajat Celsius atau lebih tidak diperbolehkan masuk.

Hanya untuk zona hijau

Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi mempersilakan masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Adha di lapangan terbuka dan masjid dengan catatan daerah tersebut masuk kategori zona hijau.

"Tentu saja jika daerah tersebut dinyatakan aman oleh pemerintah daerah atau gugus tugas setempat," ujar Fachrul melalui konferensi pers daring pada Kamis, (30/7).

Fachrul mengingatkan masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan. Ia meminta masyarakat untuk membawa alat salat masing-masing, menggunakan masker, menjaga jarak.

’’Tidak usah bersalaman atau berpelukan dan perpendek pelaksanaan salat dan khotbah tanpa mengurangi ketentuan,’’ ucap Fachrul.

Namun, jika suatu daerah masih masuk dalam zona tidak aman, maka Kementerian Agama menyarakan masyarakat agar melaksanakan salat di rumah masing-masing. (*)

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Pandemi Corona Belum Usai, Lansia dan Anak-anak Diimbau Tidak Ikut Salat Idul Adha