09/10/2020 11:49:18
Info Kesehatan

Langkah yang Perlu Dicoba untuk Mengelola Stres

Foto: Internet/Ilustrasi

Stres sebenarnya adalah bagian normal dari kehidupan dalam berbagai situasi, bentuk, dan jumlah yang berbeda. Terpenting, kita perlu mengenali, menerima, dan mengelola stress agar tidak berdampak negatif pada kesehatan mental. Bagaimana caranya?

Penyebab stres pada masing-masing orang akan berbeda. Yang jelas, kita harus mengelolanya agar tidak bermanifestasi menjadi stres kronis.

Seperti dilansir dari Msu.edu, stres kronis terbukti mampu menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah, serta memperburuk kondisi yang mendasarinya seperti kecemasan dan depresi.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengelola stres:

Ketahui isyarat stres Anda sendiri

Misalnya, ketika stres, apakah Anda menjadi pelupa, pemarah, canggung atau sesuatu yang lain? Pikirkan tentang apa yang paling menarik perhatian Anda. Amati anak-anak Anda dan anggota keluarga lainnya untuk tanda-tanda stres dan minta mereka untuk melakukan hal yang sama untuk Anda.

Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang bermakna

Ya, Anda perlu bersantai dan melakukan aktivitas menyenangkan. Misalnya, membaca buku, duduk di teras dan nikmati pemandangan, nikmati kopi bersama teman, atau menonton film bersama keluarga.

Berlatih pernapasan dalam

Ketika Anda mulai menjadi cemas dan sangat stres, cobalah duduk dan bernapas selama satu menit atau lebih. Ini membantu jika Anda benar-benar mengatakan dalam pikiran, "I’m breathing in, dan I’m breathing out."

Mungkin terdengar konyol, tetapi itu membuat pikiran terfokus pada sesuatu yang dapat dikontrol: napas Anda. Ini membantu menenangkan pikiran dan membantu Anda rileks. Ajari anak-anak cara menggunakan napas mereka untuk menenangkan diri, dan jadikan rutinitas harian. Semakin mempraktikkan ini ketika sedang tidak stres, semakin mudah untuk memanfaatkannya ketika Anda paling membutuhkannya.

Tidurlah yang cukup

Sebagian besar ahli kesehatan mengakui bahwa individu yang mendapatkan waktu tidur 8 jam, dapat mengurangi risiko stres, rasa sedih, dan dapat mengelola kemarahan. Cobalah tidur siang untuk melengkapi kebutuhan tidur Anda, jika memungkinkan.

Beberapa orang menemukan bahwa bahkan ’’tidur siang kucing’’ selama 15 menit bisa terasa sangat menyegarkan. Cobalah untuk tidak tidur sore hari sehingga Anda masih bisa tertidur di malam hari. Pastikan juga Anda menjaga jadwal tidur yang sehat untuk anak-anak.

Terima emosi dan perasaanmu

Tidak apa-apa untuk merasa sedih, cemas, marah atau stres. Memperhatikan emosi ini dan menamai mereka dapat membantu kita berbelas kasih terhadap diri sendiri.

Anda juga dapat membantu anak-anak menerima emosi mereka yang stres atau cemas dan menindaklanjutinya dengan pelukan. Pertimbangkan kebutuhan emosional anggota keluarga Anda.

Tertawa

Tawa adalah obat terbaik. Humor dan tawa adalah penghilang stres yang hebat. Karena itu, cobalah mencari beberapa komedi ramah keluarga.

Terapkan kebiasaan sehat

Tetaplah berkonsentrasi pada kebiasaan sehat, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran dan minum lebih banyak air putih. Cobalah untuk menyesuaikan diri dalam setidaknya 30 menit aktivitas fisik sehari. Anda dapat melakukan ini dengan berjalan-jalan di sekitar rumah atau lingkungan atau mengenakan musik dan menari.

Dapatkan bantuan profesional

Jika Anda merasa kewalahan, mintalah bantuan psikolog atau psikiater. Konsultasikan secara rutin apa yang menjadi masalah Anda sehingga mereka dapat memberikan solusi terbaik.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Langkah yang Perlu Dicoba untuk Mengelola Stres