12/10/2020 12:34:09
Info Kesehatan

Jangan Lupa! Ini 5 Jenis Penyakit yang Membuat Penderitanya Rentan Terpapar Covid-19

Foto: Ilustrasi/Internet

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan terutama bagi orang-orang yang rentan terserang penyakit.

Seperti diketahui, Covid-19 merupakan virus yang menyerang dan merusak sistem pernapasan manusia. Sebagian orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala parah diantaranya nyeri dada, sesak napas, serta demam tinggi, dan ada juga yang hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali.

Nah, bagi orang-orang yang memiliki penyakit tertentu,  virus Covid-19 akan dengan mudah menginfeksi dan menyebabkan kematian. Berikut adalah penyakit yang membuat penderitanya rentan terkena Covid-19 yang dilansir dari berbagai sumber:  

1. Gangguan Pernapasan Kronis

Covid-19 menyerang saluran pernapasan. Maka dari itu, orang yang memiliki penyakit kronis pada saluran pernapasan, berisiko tinggi memiliki gejala yang parah ketika terinfeksi virus Corona. Ketika terpapar Covid-19, penderita penyakit pernapasan kronis akan lebih rentan mengalami gangguan pernapasan berat, seperti serangan asma, pneumonia, atau bahkan gagal napas.

2. Penyakit Kardiovaskular

Penderita penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan hipertensi, biasanya memiliki kondisi jantung yang kurang baik. Para penderita penyakit tersebut pun kerap memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Hal ini membuat para penderita penyakit tersebut rentan menderita Covid-19 dengan gejala yang lebih berat.

3. Diabetes

Diabetes yang tak terkontrol dapat melemahkan sistem daya tahan tubuh dan kerusakan pada berbagai organ tubuh. Maka dari itu para penderita diabetes lebih rentan terinfeksi Covid-19. Bahkan parahnya dapat menyebabkan komplikasi fatal akibat infeksi virus Covid-19.

Tak hanya itu, infeksi virus Covid-19 pun dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi berbahaya dari penyakit diabetes, seperti ketoasidosis diabetik dan sepsis. Berbagai komplikasi diabetes tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kematian akibat Covid-19 pada penderita diabetes.

4. Penyakit Ginjal

Infeksi virus Covid-19, memang paling banyak menyerang saluran pernapasan. Akan tetapi virus ini juga bisa merusak organ tubuh lainnya, termasuk ginjal. Beberapa laporan menyebutkan sebagian penderita Covid-19 yang mengalami gagal ginjal akut. Padahal sebelumnya mereka tidak memiliki riwayat penyakit ginjal.

5. Kanker

Penderita kanker tergolong dalam kelompok yang berisiko tinggi terinfeksivirus Corona dengan gejala berat dan komplikasi serius. Sebab, sistem kekebalan tubuh para penderita kanker tidak kuat dalam melawan infeksi.

Lemahnya sistem kekebalan tubuh penderita kanker ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti gangguan pada sel darah putih atau efek samping kemoterapi. (*)

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Jangan Lupa! Ini 5 Jenis Penyakit yang Membuat Penderitanya Rentan Terpapar Covid-19