11/11/2020 11:09:32
Info Kesehatan

8 Cara Efektif Menurunkan Kadar Tekanan Darah

Foto: Ilustrasi/Internet

Dikenal sebagai silent killer, tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab utama kematian di beberapa belahan dunia. Pemicunya tak lain adalah penerapan pola hidup yang salah.

Pada banyak kasus, hipertensi seringkali tidak menunjukkan gejala, tapi sangat berisiko menimbulkan penyakit jantung dan stroke. Seperti dilansir dari Heatlhline.com, tekanan darah seseorang dipengaruhi oleh seberapa banyak darah yang dipompa jantung dan resistensinya terhadap alirah darah di arteri.

Semakin sempit arteri, maka akan semakin tinggi tekanan darah. Tekanan darah lebih rendah dari 120/80 mm Hg dianggap normal, sementara tekanan darah 130/80 mm Hg atau lebih dianggap tinggi.

Jika tensi di atas normal tetapi di bawah 130/80 mm Hg, termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi yang berarti Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi. Lalu, bagaimana cara untuk menurunkan kadar tekanan darah? Berikut tipsnya:

1. Tingkatkan aktivitas dan olahraga

Ketika Anda secara teratur berolahraga maka akan meningkatkan laju jantung dan laju pernapasan Anda. Jantung Anda menjadi lebih kuat dan memompa dengan sedikit usaha dan hal ini dapat mengurangi tekanan pada arteri dan menurunkan tekanan darah. Aktivitas yang disarankan misalnya berolahraga, bersepeda, berjalan kaki, dan jogging.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, segera melakukan program pengurangan berat badan. Menghilangkan 5 hingga 10 pound dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko untuk masalah medis lainnya.

3. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah.

4. Konsumsi lebih banyak kalium dan lebih sedikit natrium

Meningkatkan asupan kalium dan mengurangi garam juga dapat menurunkan tekanan darah Anda . Makanan yang mengandung kalium diantaranya adalah susu rendah lemak seperti yogurt, ikan, buah-buahan (pisang, aprikot, alpukat, dan jeruk), serta sayuran (ubi, kentang, tomat, sayuran hijau, dan bayam).

5. Kurangi makanan olahan atau siap saji

Sebagian besar garam tambahan dalam makanan Anda berasal dari makanan olahan dan makanan dari restoran, bukan garam di rumah. Makanan berkadar garam tinggi yang populer termasuk daging deli , sup kalengan, pizza, keripik, dan makanan ringan olahan lainnya dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

6. Berhenti merokok

Merokok menyebabkan peningkatan langsung ataupun sementara pada tekanan darah serta peningkatan denyut jantung Anda.

7. Meditasi atau yoga

Yoga , yang umumnya melibatkan kontrol pernapasan, postur, dan teknik meditasi, juga bisa efektif dalam mengurangi stres dan tekanan darah.

8. Hindari alkohol

Minum, minuman beralkohol terlalu banyak, atau terlalu sering, dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Akan lebih baik jika Anda mengurangi ataupun tidak mengonsumsi minum-minuman yang mengandung alkohol.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 8 Cara Efektif Menurunkan Kadar Tekanan Darah