18/11/2020 13:13:20
Info Kesehatan

Ini Lho Bahayanya Jika Sering Mengabaikan Sarapan Pagi

Foto: Internet/Ilustrasi

Disadari atau tidak, banyak dari masyarakat kita yang cenderung mengabaikan sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi itu sangat penting dan jika selalu dilewatkan berisiko menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Apa saja?

Pada dasarnya sarapan pagi merupakan unsur yang paling penting bagi kesehatan tubuh. Sarapan di pagi hari membuat tubuh dan juga pikiran lebih konsentrasi dan siap untuk memulai kegiatan di pagi hari.

Berikut adalah enam bahaya yang mengancam kesehatan tubuh jika selalu melewatkan sarapan pagi yang dirangkum dari beberapa sumber:

Penyakit Jantung

Penelitian yang dilakukan Harvard University menunjukkan bahwa mereka yang melewatkan makan pagi 27 persen lebih berisiko terkena penyakit jantung. Hal ini kemungkinan karena saat tidak makan pagi, tubuh bertahan lama dalam stres dan membuat badan kita bekerja lebih keras.

Diabetes

Penelitian dari Harvard juga menunjukkan bahwa perempuan yang tidak sarapan secara rutin 20% lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2.

Berat Badan Mudah Naik

Dilansir dari Reader's Digest, orang-orang yang tidak makan pagi malah cenderung mengonsumsi banyak makanan setelahnya karena mudah lapar.

Menurunnya Metabolisme

Tubuh kita bisa saja berhenti bekerja secara cepat. Sebab, tidak makan dalam waktu yang lama akan meengurangi kemampuan tubuh kita dalam membakar kalori.

Otak Bekerja Lambat

Tidak sarapan juga bisa berpengaruh pada otak. Hal ini karena menurunnya kadar gula dalam darah bisa berpengaruh pada fungsi kognitif.

Mudah Stres

Sebuah studi pada 2014 dari University of California menunjukkan bahwa perempuan yang tidak sarapan pagi memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi. Hormon kortisol merupakan hormon yang membuat kita mudah stres.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Ini Lho Bahayanya Jika Sering Mengabaikan Sarapan Pagi