19/11/2020 09:48:06
Info Kesehatan

Memilih Menu Sarapan Sehat yang Disukai Anak

Foto: Internet/Ilustrasi

Membiasakan sarapan pagi pada keluarga, terutama anak-anak, sangat penting. Nah, supaya anak-anak tidak melewatkannya, Anda perlu menyiapkan menu sarapan pagi yang variatif dan tentunya disukai mereka. Apa saja?

Jangan lagi beranggapan bahwa sarapan pagi itu tidak penting. Sebaliknya, sarapan pagi dapat membantu tubuh memulai metabolisme sehingga kita bisa menjalani aktivitas harian dengan lebih baik.

Seperti dilansir dari WebMD, sarapan pagi akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu dan membantu tubuh tetap fokus. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda membiasakan keluarga untuk sarapan di pagi hari, terutama pada anak-anak agar kegiatan belajar dan bermain mereka bisa optimal.

Lalu, makanan apa saja yang baik untuk dihidangkan saat sarapan pagi?

Pertama yang perlu diingat adalah hindari karbohidrat berlebihan saat sarapan pagi karena hanya akan meningkatkan kadar gula darah. Pilihlah karbohidrat dari biji-bijian, buah, dan sayuran yang dikombinasikan dengan protein.

Berikut pilihan menu makanan sehat untuk sarapan yang juga umumnya disukai anak-anak dan keluarga:

1. Sereal dari biji-bijian

Sereal dari biji-bijian utuh merupakan menu sarapan yang baik dikonsumsi. Anda dapat memilih gandum, sorgum, biji chia, biji labu, biji delima, atau jenis biji-bijian sereal. Pilihlah sereal yang kaya serat, dengan kadar gula rendah, dan minim kalori. Jadi, nutrisi yang didapatkan tubuh akan lebih optimal dan bisa bekerja dengan baik.

Mengonsumsi biji-bijian utuh atau sereal saat sarapan memiliki banyak keuntungan, lho. Hal ini karena biji-bijian umumnya mengandung protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral (zat besi, zinc, tembaga, dan magnesium).

Kandungan nutrisi pada biji-bijian tersebut baik untuk tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kenaikan berat badan serta diabetes, hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Anda dapat mencampur sereal dengan susu rendah lemak, buah-buahan, atau yogurt yang disesuaikan pada kesukaan anak.

2. Smoothies

Ketika sarapan, pastikan agar kebutuhan protein anak juga tercukupi. Hal ini karena protein yang cukup dapat menjaga tubuh tetap kenyang sehingga akan membantu kinerja lebih siap dan fokus.

Salah satu menu sarapan yang kaya protein dan dapat dihidangkan untuk anak, yaitu smoothies. Cara pembuatannya pun praktis karena hanya membutuhkan blender sebagai alatnya. Anda bisa mencampurkan susu, oatmeal, buah-buahan beku, madu, atau yogurt.

Mengonsumsi smoothies saat sarapan memiliki banyak manfaat. Misalnya, sumber antioksidan yang baik untuk tubuh, menjaga kesehatan pencernaan dan tulang, membantu jaga imunitas, hingga meningkatkan kinerja otak.

3. Greek yogurt 

Greek yogurt merupakan menu sarapan yang memiliki tekstur lembut, rasa lezat, dan bergizi. Dibanding yogurt biasa, greek yogurt memiliki konsentrasi protein yang lebih tinggi. Protein yang terkandung di dalamnya akan mengurangi rasa lapar sehingga aktivitas tetap dapat dilakukan dengan fokus.

Selain itu, greek yogurt termasuk sumber probiotik yang baik. Jadi, dapat membantu usus dan sistem pencernaan tetap sehat. Melansir Healthline, konsumsi greek yogurt juga dapat menjaga berat badan tetap ideal, mengurangi kadar lemak dalam tubuh, dan mencegah kanker.

Anda dapat memberikan greek yogurt dengan taburan buah-buahan segar atau kering yang disukai anak. Menu sarapan ini sangat baik untuk kesehatan karena kaya protein, vitamin, dan mineral.

4. Telur

Telur menjadi menu sarapan lezat yang dapat dipilih untuk anak-anak. Selain itu, telur juga merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh dan meningkatkan perasaan kenyang sehingga mampu mengurangi asupan kalori pada waktu makan berikutnya. Dengan demikian, kadar gula darah dan insulin bisa terjaga.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan hati. Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Beberapa menu sarapan dari telur yang dibuat adalah telur orak-arik campur sayuran atau hidangan telur disertai buah-buahan segar.

5. Buah-buahan

Buah bisa menjadi bagian lezat dari sarapan bergizi. Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah cincang menyediakan sekitar 80–130 kalori, tergantung jenisnya. Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

Selain itu, buah-buahan mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit. Jadi, sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa buah-buahan yang dapat dipilih sebagai menu sarapan, yaitu, jeruk, pisang, atau buah beri. Dengan diberi tambahan greek yogurt, keju, atau telur sehingga nutrisinya seimbang dan bisa membantu tubuh lebih baik dalam menjalani aktivitas harian. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Memilih Menu Sarapan Sehat yang Disukai Anak