11/04/2022 11:56:20
Info Kesehatan

Ibu Hamil Harus Stop Puasa Jika Mengalami 5 Hal Ini!

Foto: Ilustrasi/Internet

Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk ikut berpuasa di bulan Ramadan, selama kondisi kesehatannya memungkinkan dan sudah mendapatkan izin dokter. Kendati demikian, jika dalam prosesnya ada masalah kesehatan, ibu hamil dilarang melanjutkan puasanya.

Ya, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ibu hamil jika memutuskan untuk ikut berpuasa Ramadan. Sebab, kesehatan tubuh ibu dan janin tetap menjadi prioritas utama.

Karena itu, segeralah berbuka puasa jika ibu hamil mengalami hal-hal berikut sebagaimana dilansir dari popmama:

1. Pusing

Sakit kepala atau pusing merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh orang yang berpuasa. Pusing merupakan salah satu gejala terjadinya dehidrasi. Saat merasakan pusing, ibu hamil bisa kehilangan keseimbangan dan kesulitan untuk melakukan aktivitas. Bila dibiarkan, pusing akibat dehidrasi ini juga bisa membahayakan kesehatan janin.

2. Mual muntah

Mual muntah bisa terjadi kapan saja, berapapun usia kehamilan. Bila tiba-tiba merasakan mual dan ingin muntah, saat sedang berpuasa, ibu hamil sebaiknya segera membatalkan puasa.

Mual muntah saat sedang puasa dapat membuat tubuh semakin dehidrasi. Selain karena perubahan hormon saat hamil, mual muntah saat berpuasa juga bisa disebabkan oleh penyakit asam lambung. Segera batalkan puasa agar tidak terjadi keluhan lain yang membahayakan ibu dan janin.

3. Gerakan janin berkurang

Saat ibu hamil sedang berpuasa, bisa jadi ada suatu masalah pada janin. Segera batalkan puasa dan konsultasikan pada dokter. Sebelum itu, yang perlu dilakukan pertama kali adalah minum segelas air dan mengonsumsi makanan untuk membatalkan puasa. Kemudian lihat reaksi bayi. Bila gerakannya tidak bertambah, sebaiknya segera pergi ke dokter.

4. Urin berwarna pekat

Warna urin juga bisa menjadi indikator kecukupan cairan dalam tubuh. Bila menemukan warna urin berwarna pekat dan berbau, sebaiknya segera membatalkan puasa. Urin berwarna pekat bisa menandakan terjadinya dehidrasi. Segera batalkan puasa dan minumlah air dengan cukup untuk mengembalikan kondisi kesehatan tubuh.

5. Kehilangan berat badan

Bila setelah beberapa hari berpuasa ibu hamil kehilangan berat badan, sebaiknya tidak melanjutkan ibadan puasa. Berat badan saat hamil bisa menggambarkan kondisi pertumbuhan janin di dalam kandungan. Jangan sampai puasa malah menghambat pertumbuhan janin. Untuk lebih memastikan kondisi janin, lakukan konsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan USG.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Ibu Hamil Harus Stop Puasa Jika Mengalami 5 Hal Ini!