19/04/2022 11:43:28
Info Kesehatan

Badan Terasa Sakit saat Bangun Tidur Pertanda Ada Gangguan Kesehatan, Apa Saja Sebabnya?

Foto: Ilustrasi/Internet

Sejatinya, tidur menjadi sarana untuk mengistirahatkan tubuh sehingga saat bangun seseorang bisa lebih bugar dan siap beraktivitas. Akan tetapi, adakalanya justru badan terasa sakit semua saat bangun tidur. Apa sebabnya?

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab badan sakit saat bangun tidur. Bisa jadi itu karena sebelumnya seseorang melakukan aktivitas tinggi, atau melakukan olahraga berat. Bukan tak mungkin juga hal ini disebabkan adanya infeksi virus seperti influenza, pneumonia, dan Covid-19.

Melansir Cleveland Clinic, ketika terinfeksi virus, tubuh mengalami peradangan dan memicu nyeri. Rasa nyeri dari sumber infeksi terkadang menjalar ke berbagai bagian tubuh, dan membuat penderita merasakan sakit di sekujur tubuhnya sakit bangun tidur.

Jika infeksi menyerang saluran napas, tubuh bisa kekurangan oksigen. Kondisi ini juga bisa membuat badan terasa nyeri atau pegal-pegal saat bangun tidur.

Badan sakit saat bangun tidur juga bisa menjadi gejala bahwa tubuh kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kadar kalsium dalam darah rendah sehingga bisa mengganggu kesehatan ginjal, otot, sampai tulang.

Penyakit lain yang menjadi penyebab badan sakit saat bangun tidur adalah radang sendi. Seperti dikutip dari Medical News Today, penyakit radang sendi muncul karena beberapa faktor, seperti infeksi pada sendi hingga penyakit autoimun yang menyerang sendi.

Kemudian, ada Fibromyalgia Fibromyalgia yaitu penyakit nyeri otot kronis yang menyebabkan penderitanya sering merasakan pegal-pegal dan sakit di sekujur tubuh. Penyebab fibromyalgia tidak diketahui secara pasti. Tetapi, stres, cedera, infeksi, atau efek samping operasi bisa memicu masalah kesehatan ini.

Melansir Healthline, sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah kondisi yang membuat pengidapnya lelah dan lemas berkepanjangan. Penyakit ini sering menyebabkan insomnia.

Karena tubuh kurang istirahat, sindrom kelelahan kronis bisa membuat sekujur badan sakit, termasuk di pagi hari saat bangun tidur. Multiple sclerosis Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang membuat jaringan di sekitar sel-sel saraf yang disebut myelin, rusak karena peradangan.

Kerusakan tersebut mengganggu kinerja sistem saraf. Akibatnya, penderita bisa merasa nyeri, pegal linu, atau kesemutan, termasuk saat bangun tidur di pagi hari.

Cara mengatasi

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengelola rasa tidak nyaman setiap bangun tidur:

-Kelola penyakit dengan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter

-Pastikan Anda cukup tidur setiap hari. Selain itu, gunakan bantal dan kasur yang nyaman untuk mengurangi ketegangan otot biang nyeri.

- Ubah pola makan dengan menghindari segala jenis makanan penyebab peradangan seperti gorengan, asupan tinggi gula, dan lemak. Konsumsi banyak sayur, buah, biji-bijian, dan makanan laut.

- Jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Tapi, jangan olahraga berlebihan. Cukup olahraga selama 30 menit per hari, dan lakukan selama lima kali seminggu Kendalikan stres dengan cara rutin olahraga, yoga, pijat, dan lakukan kegiatan yang bisa menjaga pikiran selalu rileks

-Berhenti merokok. Zat kimia yang terdapat dalam rokok bisa menghambat darah kaya oksigen mencapai tulang dan jaringan tubuh, membatasi pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam darah, menurunkan kualitas darah, sehingga otot melemah dan gampang nyeri. (*)

*Dari berbagai sumber 

 

 

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Badan Terasa Sakit saat Bangun Tidur Pertanda Ada Gangguan Kesehatan, Apa Saja Sebabnya?