14/09/2022 14:35:54
Info Kesehatan

Perubahan Musim Bikin Mudah Sakit, Vitamin Apa Saja yang Tepat untuk Perkuat Imun?

Foto: Ilustrasi/Dokcil

Memasuki perubahan musim biasanya tubuh menjadi mudah sakit jika tidak memiliki sistem imun yang kuat. Di saat begini, perlu asupan vitamin yang dapat membantu memperkuat imun tubuh. Apa saja?

Ditengah cuaca yang tidak menentu, akan banyak sekali virus dan bakteri yang menyebar.  Cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun adalah mengonsumsi makanan bergizi dan kaya vitamin.

Menurut ahli diet terdaftar Julia Zumpano, ada empat jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh agar sistem imun kuat. Berikut keempat jenis vitamin tersebut seperti dikutip dari kompas.com:  

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu penguat sistem kekebalan terbesar dari semu jenis vitamin. Kekurangan vitamin C bisa membuat Anda lebih mudah sakit. Makanan kaya vitamin C antara lain jeruk, grapefruits, jeruk keprok, stroberi, paprika, bayam, kangkung dan brokoli. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpannya. Kabar baiknya adalah bahwa vitamin C ada dalam begitu banyak makanan sehingga kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C kecuali jika disarankan oleh dokter.

Vitamin B6

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 termasuk ayam dan ikan air dingin seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan buncis.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan yang kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D membuat sistem kekebalan bawaan kita lebih efisien dalam membunuh bakteri dan virus, dan dapat mengurangi frekuensi infeksi saluran pernapasan atas. Kadar Vitamin D yang rendah dalam juga berkorelasi dengan insiden penyakit autoimun yang lebih tinggi seperti multiple sclerosis. Anda bisa menemukan vitamin D dalam makanan seperti hati ikan COD atau ikan berlemak. Paparan sinar matahari pagi juga membantu memenuhi asupan vitamin D Anda. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Perubahan Musim Bikin Mudah Sakit, Vitamin Apa Saja yang Tepat untuk Perkuat Imun?