24/01/2014 15:26:01

Mengenal Sejarah Kamera

Sobat dokterkecil.com, siapa hayoo yang tidak tahu kamera karena kamera kini ada di mana-mana dan semakin mudah dipakai. 
Saat moment yang istimewa seperti hari ulang tahun kita merekam kegiatan tersebut. Bahkan hampir setiap handphone kini ada kameranya. Berbicara tentang kamera, sudah pada tahu belum sejarah lahirnya kamera? 

Kamera merupakan alat yang berfungsi dan mampu untuk menangkap dan mengabadikan gambar/image. Pada abad 16, kamera pertama kali disebut sebagai camera obscura. Camera obscura merupakan sebuah alat yang terdiri dari ruang gelap atau kotak, yang dapat memantulkan cahaya melalui penggunaan dua buah lensa konveks, kemudian menempatkan gambar objek eksternal tersebut pada sebuah kertas/film, film tersebut diletakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. 

Tahun 1837, Jacques Daguerre mengembangkan cara membuat foto, yang kemudian disebut daguerreotype . Prosesnya menggunakan lempengan tembaga. Daguerre adalah seniman asal Perancis yang ingin membuat gambar lebih bagus. Dia bekerjasama dengan Joseph Nicephore Niepce yang lebih dahulu sukses. Niepce sebenarnya sudah membuat foto di tahun 1826. Tapi proses pembuatan foto ini tidak praktis. Orang harus bergaya di depan kamera selama 8 jam untuk menghasilkan satu foto. Hasilnya pun masih buram. 

Sobat dokterkecil.com, seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi kamera semakin hari berkembang semakin pesat. Fungsi dan kebutuhan penggunaanya pun semakin luas dirasakan oleh berbagai pihak. Kamera tidak hanya digunakan sekedar untuk menangkap objek yang berfungsi sebagai kenang-kenangan semata, tetapi juga digunakan untuk menangkap objek yang sedang bergerak. 

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Mengenal Sejarah Kamera