24/01/2014 15:26:02

Jangan Banyak Minum Susu

Sobat dokterkecil.com, kandungan gizi yang terdapat dalam susu memang dapat menyehatkan tubuh. Namun berlebihan mengonsumsi susu ternyata juga tidak baik untuk tubuh lho...
 

Vitamin D yang terkandung dalam susu baik untuk membangun tulang. Tapi mengonsumsi terlalu banyak susu dapat mengurangi zat besi dalam tubuh terutama bagi anak-anak. Berdasarkan penelitian menganjurkan jumlah asupan susu yang disarankan hanya dua atau tiga gelas sehari.
 

Penelitian yang telah dilakukan dengan mengamati 1300 anak-anak berusia 2 – 5 tahun yang berkait pigmentasi kulit, indeks massa tubuh anak, dan waktu yang dihabiskan anak di luar ruangan. Dari hasil contoh darah diketahui bahwa anak-anak yang terlalu banyak mengonsumsi susu, vitamin D akan meningkat tapi zat besi kadarnya akan berkurang.
 

Padahal kekurangan zat besi bisa mengakibatkan gangguan perilaku anak, pengendalian diri, pembelajaran, dan gangguan konsentrasi. Sementara, anak-anak yang mengonsumsi dua gelas susu tiap harinya memiliki kadar vitamin D dan zat besi yang sehat.
 

Nah sobat dokterkecil.com, anak usia 1-3 tahun untuk asupan susu total 500-750 ml perhari. Kebutuhan nutrisi lainnya harus dicukupi dari makanan dan air putih. Selain itu, yang juga penting diperhatikan saat minum susu adalah memilih produk susu sesuai usia anak. Perhatikan juga kebersihan saat menyimpan, menyajikan, dan mengonsumsi susu untuk anak.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Jangan Banyak Minum Susu