24/01/2014 15:26:02

Anak Autis Belum Ada Obatnya

Tahukah kamu, hari ini adalah hari Autis sedunia? Pada tahun 2013 merupakan tahun ke-enam peringatan hari Autis sedunia, sesuai dengan Resolusi PBB No. 62/139, dikeluarkan 18 Desember 2007 yang telah menetapkan tanggal 2 April sebagai Hari Autis Sedunia.
 

Autisme pertama kali dikemukakan oleh Dr Leo Kanner pada 1943. Autisme merupakan cara berpikir yang dikendalikan oleh kebutuhan personal atau oleh diri sendiri, yang mempengaruhi perilaku dengan akibat kekurangan kemampuan komunikasi, hubungan sosial dan emosional dengan orang lain. Gangguan autis bisa dikenali dengan cara mengamati perilaku anak secara seksama dan setelah umur tiga tahun. Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.
 

Gejala autisme sangat bermacam-macam, dari perilaku hiperaktif dan agresif atau menyakiti diri, tapi ada pula yang pasif. Anak autis biasanya cenderung sangat sulit mengendalikan emosinya dan kadang-kadang mereka menangis, tertawa atau marah-marah tanpa sebab yang jelas.
 

Sobat dokterkecil.com, sejauh ini autisme belum bisa disembuhkan tetapi masih dapat diterapi. Dari segi medis, tidak ada obat untuk menyembuhkan gangguan fungsi otak yang menyebabkan autis.


Dikutip dari berbagai sumber. 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Anak Autis Belum Ada Obatnya