24/01/2014 15:26:02

Gemar Kunyah Es Batu, Hati-Hati Anemia

Anemia merupakan salah satu gejala dari penyakit serius seperti penyakit kuning, dan kanker. Jika dilihat tanda-tanda anemia bukan hanya pucat, lemas, lesu, dan kunang-kunang saja.  Bagi orang yang suka memakan es batu bisa jadi mengalami anemia.


Sobat dokterkecil.com, jika kita menjumpai orang dengan kebiasaan memakan es batu, maka jangan langsung menganggap hal aneh, tetapi harus memperhatikan kesehatan mereka. Orang yang gemar mengkonsumsi es batu memiliki risiko besar mengalami anemia. 


Anemia, atau dikenal dengan kurang darah, adalah salah satu gejalanya disebabkan kurang zat besi. Anemia ditandai dengan jumlah hemoglobin atau HB yang kurang dari jumlah normal, yaitu kurang dari 12 pada wanita, dan kurang dari 13,5 pada pria. Penurunan kadar HB akan menyebabkan berkurangnya kemampuan darah untuk mengikat oksigen. Akibatnya, tubuh pun kekurangan pasokan oksigen, sehingga mudah merasa lelah.


Anemia dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti gangguan tumbuh kembang dan kecerdasan pada anak. Risiko pendarahan pada ibu hamil serta persalinan, bahkan risiko kanker dan penyakit serius lain.


Es batu tidak mengandung zat gizi, jika dikonsumsi secara rutin akan menyebabkan kekurangan gizi dan akhirnya menyebabkan anemia. Gizi yang harusnya didapat dari makanan, karena diganti dengan makan es batu, kebutuhan gizi jadi tidak tercukupi.


Sobat dokterkecil.com, dengan mengkonsumsi es batu dapat mengganggu fungsi pencernaan dan penyerapan zat besi serta mineral lain. Akibatnya, orang akan mengalami kekurangan zat besi. 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Gemar Kunyah Es Batu, Hati-Hati Anemia