24/01/2014 15:26:02

Jangan Abaikan Konsumsi Buah dan Sayur

Masih ingatkah sobat dokterkecil.com dengan slogan nutrisi empat sehat lima sempurna? Agaknya kalimat tersebut tak lagi menjadi fokus perhatian. Padahal dua di antara, yakni sayur dan buah dapat memberikan dampak luar biasa bagi kesehatan.

 

Berdasarkan data WHO, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia berusia diatas 10 tahun, masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur. Kebanyakan dari kita menganggap peran buah dan sayur hanya sebagai pelengkap dan seringkali tidak mengonsumsinya dengan teratur.

 

Buah dan sayur kaya serat, vitamin, mineral, enzim perncernaan, dan air yang tidak ditemukan pada produk makanan atau suplemen. Kalau dua nutrisi ini dikonsumsi secara teratur, dapat mencegah dan mengurangi risiko terserang penyakit.

 

Saat tubuh kekurangan asupan buah dan sayur dapat menyebabkan risiko kematian akibat kanker saluran cerna, serangan jantung koroner, dan stroke.

 

Nah sobat dokterkecil.com, untuk menghindari atau mencegah hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kalau kita mulai mengonsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayur setiap hari secara teratur.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Jangan Abaikan Konsumsi Buah dan Sayur