24/01/2014 22:49:45

Sembelit Sebabkan Sakit Kepala, Kok Bisa?

Sembelit atau susah buang air besar atau BAB dalam istilah medis disebut konstipasi merupakan suatu gejala dimana BAB menjadi sulit dan kurang 3 kali dalam seminggu. Sembelit bisa disertai dg kram perut dan nyeri perut akibat mengejan kuat dan tinja yg keras.

Bahkan gejala yg muncul sampai membuat rasa mual dan kembung. Tinja yg keluar pun bs saja bercampur dg sedikit darah akibat adanya gesekan dan tekanan yg meningkat ada pembuluh darah anus dg kotoran yg keras atau disebut wasir.

 
Sakit kepala bisa terjadi akibat reaksi dari mengejan yg terlalu kuat pada waktu sembelit yg disebabkan peningkatan tekanan dalam perut hingga ke kepala. Namun sakit kepala bisa juga merupakan pertanda tubuh dehidrasi akibat pola hidup yg kurang baik, misalnya jarang minum air putih, makan buah kaya akan air, serat serta sayuran yg juga bs menyebabkan tinja menjadi keras. 
 
Pola hidup yg kurang sehat lainnya yg bisa menyebabkan sembelit adalah kurang gerak atau olahraga. Kurang gerak jg bisa disebabkan akibat faktor usia atau sakit. Untuk mengatasi sembelit, sebaiknya konsultasi ke dokter. Jangan sembarang minum obat-obatan tanpa sepengetahuan dokter agar tidak terjadi efek samping dan komplikasi akibat obat. Dengan mengatasi sembelit, maka sakit kepala yang dialami akibat sembelit tersebut bisa mereda dengan sendirinya.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Sembelit Sebabkan Sakit Kepala, Kok Bisa?