05/06/2014 11:24:54
P3K

Perlengkapan Penting Dalam Kotak P3K 

Hai sobat dokterkecil.com semua, setiap saat kita bisa saja mengalami bencana atau kecelakaan yang membuat anggota tubuh kita terluka.

Oleh karena itu, ada baiknya nih kita mempertimbangkan untuk memiliki kotak P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan), entah di rumah, tempat kerja ataupun mobil pribadi.

Gak sulit kok, menyusun kotak P3K alias first aid kit. Yang kita perlukan hanya kotak atau tas yang cukup besar, awet dan mudah dijinjing ke mana-mana. Selanjutnya, isi kotak itu dengan 10 barang yang harus ada berikut ini, menurut dr. Swee Yong Peng, instruktur P3K dan dokter di IAG HealthSciences Singapura:

  1. Alat pelindung, seperti sarung tangan, celemek, masker. Alat-alat itu untuk melindungi Anda terhadap paparan dari luka yang akan Anda tangani.
  2. Alat pembersih, seperti alkohol, krim antiseptik atau antibakteri. Tujuannya, untuk membersihkan luka demi mengurangi risiko terjadi infeksi.
  3. Kain kasa agar luka tidak terpapar udara luar.
  4. Perban atau perekat untuk menutup luka setelah diberi kain kasa.
  5. Obat pereda rasa sakit, seperti aspirin, untuk meringankan rasa sakit yang diderita korban secara cepat.
  6. Obat antibiotik untuk mengantisipasi demam atau gejala lanjutan akibat  luka.
  7. Gula batu atau permen manis, untuk meningkatkan kadar gula darah agar tubuh korban tidak lemas.
  8. Iodin untuk mengontrol pertumbuhan bakteri pada luka.
  9. Pinset atau kapas untuk media pengantar obat cair.
  10. Buku manual yang berisi fungsi dan cara penggunaan alat-alat di atas, termasuk cara  pemberian obat dan keterangannya.

Nah sobat dokterkecil.com, Pastikan juga kita telah membacanya dengan teliti sehingga ketika terjadi kecelakaan, kita tidak panik dan bisa membantu dengan baik. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksa kelengkapan isi dan batas waktu penggunaannya.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]

BERITA LAINNYA
P3K: Perlengkapan Penting Dalam Kotak P3KÂ