24/06/2014 12:12:46
Kesehatan Tubuh

Penyakit Varises Juga Bisa Mematikan

Hallo sobat dokterkecil.com, kalian jangan pernah menyepelekan gejala kaki kram, pegal, dan bengkak ya.

Bisa jadi kamu terkena Chronic Venous Disease atau varises. Bahkan penyakit ini bisa lebih berbahaya loh apabila tidak ditangani secara serius seperti mengalami luka borok yang tidak kunjung sembuh hingga menyebabkan kematian akibat pulmonary embolism (PE).

Pulmonary embolism (PULL-mun-ary EM-bo-lizm) adalah suatu rintangan yang tiba-tiba dalam suatu arteri paru, dan itu biasanya disebabkan oleh suatu bekuan darah yang akan berjalan ke paru dari salah satu pembuluh  vena di kaki. Sebuah bekuan yang terbentuk di suatu bagian dari tubuh dan berjalan dalam aliran darah ke bagian yang lain.

Meski terbilang mematikan namun penyakit lanjutan dari varises ini bisa dicegah, kata salah satu dokter Venosan Clinic.

Seperti diketahui, varises merupakan pelebaran pembuluh darah balik (vena) di kaki akibat tersumbat atau berkurangnya tonus otot. Selain mengurangi keindahan penampilan fisik, varises juga menimbulkan rasa nyeri, pegal, kram serta dapat menimbulkan bengkak pada kaki. Agar risiko terkena varises dapat berkurang, dokter menyarankan masyarakat untuk dapat menggunakan medical stocking khusus varises.

Nah sobat dokterkecil.com selain dapat mencegah timbulnnya varises, medical stocking ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di kaki loh. Selain itu medical stocking juga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki. Medical stocking juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada kaki, seperti kram, pegal dan bengkak.

Dokter juga menjelaskan agar pemakaian medical stocking ini efektif disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah vaskuler. Alasannya, dokter tersebut yang mengerti tingkat kompresi dan ukuran yang sesuai dengan kondisi pasien. Medical stocking harus mempunyai graduated compression yang tepat artinya medical stocking harus memiliki tekanan yang bergradasi, dimana semakin keatas tekanan stoking tersebut berangsur-angsur berkurang., sehingga memberi efek memompa darah ke jantung lebih cepat.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kesehatan Tubuh: Penyakit Varises Juga Bisa Mematikan