25/09/2014 19:20:53
Info Kesehatan

Lewat Donor Darah,Berbagai Penyakit Bisa Diketahui

Sobat Dokcil, ternyata manfaat kesehatan dapat kita peroleh dengan rutin donor darah tiga bulan sekali lho. Tetapi, perlu sobat ketahui juga manfaat donor darah bisa lebih dari hanya menyehatkan tubuh.
 

Bahwa dengan melakukan donor darah kita dapat mengetahui apakah terdapat penyakit di dalam tubuh. Sehingga, ketika mengetahui terdapat masalah pada darah kita, maka dapat dilakukan tindakan pencegahan.

Misalnya hemoglobin,  Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Terus hemoglobinnya rendah, jadi kita harus makan lebih banyak. Nah, dengan melakukan donor darah kita seperti memproteksi tubuh sendiri nih sobat.


Selain itu, bahwa memang ada juga beberapa orang yang tidak boleh mendonorkan darahnya, misalnya mempunyai penyakit hepatitis dan diabetes. Meskipun, pada kenyataannya banyak pendonor yang tidak mengetahui telah mempunyai penyakit tertentu, atau bahkan sengaja tidak memberi tahu.


Misalnya, dia tidak bilang kalau punya hepatitis tetapi tetap mendonorkan. Namun, nanti akan terdeteksi waktu diperiksa. Biasanya dalam kasus seperti itu akan ditelpon atau dikirim surat untuk datang, diberitahukan bahwa pendonor tidak boleh mendonorkan darah dulu, karena ada penyakit tertentu.


Nah untuk itu, sobat Dokcil jangan takut ya untuk mendonorkan darah. Ternyata mendonorkan darah, selain untuk membantu orang, ada manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

 

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Lewat Donor Darah,Berbagai Penyakit Bisa Diketahui