24/01/2014 15:26:01

PTM Kematian Terbesar di Asia Tenggara

Sobat dokterkecil.com, PTM atau penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian nomor satu di negara-negara kawasan Asia Tenggara.

 

Penyakit Tidak Menular disebut juga dengan penyakit kronik yang diderita dalam jangka waktu lama dan berkembang secara perlahan . Penyakit tidak menular disebut juga dengan penyakit kronik yang diderita dalam jangka waktu lama dan berkembang secara perlahan.

 

Berdasarkan data WHO, rata-rata 3 dari 5 kasus kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular. Kematian dari penyakit tidak menular disebabkan oleh berbagai faktor termasuk wabah penyakit yang tidak menular dan kecelakaan.  Penyakit tidak menular (PTM) adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, contohnya penyakit jantung, stroke, diabetes dan kanker. Jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular adalah sebanyak 55 persen atau sekitar 7,9 juta kasus per tahunnya di Asia Tenggara.

 

Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2007 menunjukkan di perkotaan, kematian akibat stroke pada kelompok usia 45-54 tahun sebesar 15,9%, sedangkan di perdesaan sebesar 11,5%. Hal tersebut menunjukkan PTM (utamanya stroke) menyerang usia produktif. Sementara itu prevalensi PTM lainnya cukup tinggi, yaitu:  hipertensi 31,7%, arthritis 30.3%, penyakit jantung 7.2%, dan cedera 7,5%.



Penyakit Tidak Menular yang paling banyak menyebabkan kematian di Asia Tenggara adalah penyakit kardiovaskular seperti masalah jantung dan stroke, diabetes tipe 2, kanker dan gangguan pernapasan kronis yang bergantung terhadap 4 faktor risiko seperti kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga dan konsumsi alcohol. 



Nah sobat dokterkecil.com, mulai dari sekarang kita harus terapkan hidup sehat guna menghindari penyakit tidak menular. Kalau tidak kita mulai dari sekarang kapan lagi..

 

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
PTM Kematian Terbesar di Asia Tenggara