06/04/2015 12:22:48
Info Kesehatan

Bahaya Terlalu Sering Minum Air Es / Air Dingin

Minum adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang. Seringkali bila kita sudah sangat kehausan akibat berolahraga kita langsung menenggak air dingin. Setelah makan sangat nikmat rasanya bila langsung minum air dingin dibanding air hangat, rasa haus bisa hilang seketika. Namun di balik kenikmatan tersebut, ternyata mengandung bahaya terhadap tubuh kita.

Berikut adalah bahaya yang mengancam bila langsung minum air dingin atau es setelah makan atau olahraga:

1. Memperlambat pencernaan

Kebiasaan minum air dingin setelah makan bisa menyebabkan usus menyempit. Suhu air minum yang dingin bisa membekukan makanan berminyak yang telah kita konsumsi, sehingga memperlambat proses pencernaan.

2. Penyempitan saluran usus

Bila makanan yang kita konsumsi membentuk lemak, dikarenakan air dingin yang diminum, maka akan terjadi penumpukan lemak di bagian saluran usus yang akan menyebabkan penyempitan saluran usus. Akibatnya tubuh akan menjadi gemuk dan perut membuncit.

3. Kepala terasa pusing

Mengkonsumsi air dingin setelah berolahraga tanpa jeda bisa membuat kepala terasa pusing. Hal ini diakibatkan oleh karena sistem saraf pusat tidak siap menerima respon perubahan panas ke dingin tubuh dalam waktu yang singkat.

Kemudian, hal penting yang harus diperhatikan saat minum air es yaitu sterilisasi air minum itu sendiri, apakah sudah melalui proses penyulingan atau belum, jadi harus dipastikan air dingin yang diminum itu baik. Kalaupun sobat Dokcil harus minum es, sebaiknya minumlah air yang tidak terlalu dingin dengan kadar yang secukupnya saja.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Bahaya Terlalu Sering Minum Air Es / Air Dingin