07/05/2015 11:48:26
Info Kesehatan

Sindrom Alice in Wonderland Biasanya Menyerang Anak-anak

Apakah sobat Dokcil pernah membaca dongeng atau menonton film Alice in Wonderland? Di dalam cerita itu ada tokoh-tokoh yang memiliki ukuran anggota tubuh yang tidak biasa. Coba sobat Dokcil bayangkan jika orang-orang yang biasanya berukuran selayaknya orang kebanyakan, tiba-tiba terlihat seperti itu. Itulah yang dilihat oleh orang-orang yang terkena sindrom Alice in Wonderland.

Sindrom Alice in Wonderland dinamakan dari novel yang ditulis oleh  Lewis Carroll. Kondisi ini pertama kali diilustrasikan pada tahun 1955 oleh John Todd, seorang psikiater.

Sindrom Alice in Wonderland (AIWS) adalah kondisi disorientasi  yang mempengaruhi persepsi seseorang. AIWS adalah kelainan neurologis yang mengganggu signal yang dikirimkan dari mata ke otak, sehingga menyebabkan distorsi dalam persepsi.  
Sindrom ini dapat menimbulkan rasa takut pada penderitanya, karena ia merasa ia menjadi gila dalam dunia aneh yang penuh dengan halusinasi.

Gejala yang paling umum dari sindrom ini adalah tampilan tubuh yang dirasa berubah. Penderita merasa tubuhnya tidak proporsional, lebih besar atau lebih kecil dari seharusnya. Gejala lain yaitu penderita melihat ukuran objek lain secara tidak akurat.

Gejala khas dari sindrom ini adalah migren. Penderita juga dapat merasa waktu berjalan terlalu lambat atau cepat. Beberapa orang mengalami halusinasi kuat, melhat objek yang sebenanya tidak ada.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan Sindrom Alice in Wonderland adalah:

    1.    Migren

    2.    Tumor Otak

    3.    Menggunakan obat psikoaktif

    4.    Infeksi Epstein Barr

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang terbukti efektif terhadap sindrom Alice in Wonderland .

Para ahli percaya, sindrom ini tak terlalu banyak dikenal karena banyak pasien yang enggan membicarakan apa yang mereka rasakan. Biasanya hal ini diderita oleh anak-anak. Sayangnya, para pasien ini memiliki pemikiran bahwa merekalah yang salah. Mereka berpikir bahwa tubuh merekalah yang berubah.

Anak dengan kondisi sindrom Alice in Wonderland bisa saja tumbuh dan kondisinya membaik hingga menjadi migren yang biasa. Namun, harus tetap cek kondisi otak untuk kondisi yang lebih serius, seperti epilepsi, tumor, atau infeksi pada otak (encephalitis) lewat MRI.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Sindrom Alice in Wonderland Biasanya Menyerang Anak-anak