14/08/2017 14:53:01
Info Kesehatan

Kenapa Harus Imunisasi?

Sobat dokcil pasti sudah tau apa itu imunisasi, akan tetapi beberapa dari kalian pasti belum ada yang mengetahui apa pentingnya imunisasi bagi kesehatan kita semua. Yuk kita bahas bersama tentang imunisasi.

Lalu, apa sih pengertian dari imunisasi Imunisasi itu sendiri? Imunisasi merupakan salah satu cara pencegahan penyakit akibat virus, yaitu dengan menyuntikkan virus yang telah dilemahkan kedalam tubuh sehingga membentuk antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Sejak awal kelahiran, sangat penting bagi semua anak untuk diberikan imunisasi. Lazimnya, anak sampai usia 5 tahun harus diimunisasi sebanyak 12 jenis vaksin imunisasi dengan jadwal terpisah. Tujuan pemberian imunisasi  adalah agar terhindar dari penyakit-penyakit yang membahayakan. 

Perlu sobat dokcil ketahui juga, kini imunisasi dapat dipermudah prosesnya dengan memberikan vaksin kombinasi atau vaksin kombo. Dengan vaksin ini, beberapa jenis bakteri atau virus (yang sudah dilemahkan tentunya) digabung menjadi satu untuk mencegah penyakit yang berbeda. Vaksin kombinasi yang pertama kali diciptakan adalah DPT (Diphteri-Pertussis-Tetanus). Setelah itu, dilakukanlah eksperimen untuk menciptakan kombinasi-kombinasi vaksin lainnya, seperti DPT + Hepatitis B, DPT + Hepatitis B + Hib (Haemophilus influenza type B) + IPV (polio), dan masih banyak lagi. Pemberian vaksin ini cukup dilakukan melalui satu suntikan saja.

Saat ini, penyakit yang mendapat perhatian lebih adalah campak dan rubella.  Jumlah anak yang menderita rubella di Indonesia cukup tinggi, khususnya di Pulau Jawa. Penyakit campak dan Rubella bisa mengakibatkan kematian pada anak karena daya tahan tubuhnya menurun. Selain itu, bisa mengakibatkan kebutaan karena terkena infeksi virus tersebut.

Rubella juga berbahaya apabila menginfeksi ibu hamil dengan usia kehamilan tri-semester pertama, akan menyebabkan anak lahir cacat. Di antaranya mata bayi yang lahir akan mengalami katarak sehingga menyebabkan kebutaan. Kemudian telinga anak bisa tuli, fungsi otak melemah sehingga anak mengalami reardasi mental, bahkan bisa menyebabkan kelainan jantung. Ayo Imunisasi Campak Dan Rubella Mulai 1 Agustus 2017. Dari penjelasan diatas, Sahabat dokcil sekarang sudah tau kan apa pentingnya imunisasi? Untuk itu jangan lupa untuk membagikan pengetahuan mengenai imunisasi ke seluruh sabahat dokcil dan juga jangan lupa kunjungi posyandu atau dokter anak untuk mendapatkan imunisasi yang dapat melindungi kita semua.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Kenapa Harus Imunisasi?