18/08/2017 11:37:57
Info Kesehatan

Hidup Sehat dengan Bermain

Sobat dokcil, selain menjaga pola makan yang baik, berolahraga merupakan aktivitas yang juga diperlukan oleh tubuh, apalagi pada usia anak masih disekolah dasar, karena dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat, dengan olahraga pula kebugaran akan didapatkan selain itu olahraga sangat bermanfaat bagi perkembangan anak, baik perkembangan secara biologis maupun perkembangan secara psikologis, dengan adanya olahraga, fisiknya akan terlatih, sehingga tubuh akan berkembang menjadi kuat, dan tidak mudah sakit karena dengan berolahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh.

Namun seringnya, untuk anak yang masih duduk disekolah dasar, biasanya malas untuk berolahraga karena merasa cepat merasa bosan sehingga akan terasa sangat melelahkan, maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya melakukan permainan yang melibatkan pergerakan fisik, misalnya dengan bermain kucing-kucingan, atau juga dengan bermain lompat tali, benteng, galaksin dan permainan menyenangkan lainnya sehingga tidak terasa membosankan

Lalu, apa sih manfaat olahraga sambil bermain untuk anak sekolah dasar? Selain untuk Membantu memelihara kesehatan, olahraga juga dapat membuat anak lebih aktif dan produktif. Hal ini terjadi karena efek dari rajin olahraga sesuai dengan porsinya akan membuat tubuh menjadi bugar dan mampu membuat anak menjadi lebih aktif dan produktif karena tubuh mereka cenderung lebih sehat. Manfaat yang didapat selanjutnya adalah menumbuh kembangkan sifat sosial, olahraga sambil bermain pastilah membutuhkan orang-orang yang ada disekitar, hal ini tentu saja dapat melatih anak untuk belajar kerjasama, menjaga kekompakan, berkomunikasi dan juga memerintah. Dengan begitu anak akan mengerti dengan sendirinya apa itu pertemanan, apa itu persaingan dan apa itu kemenangan serta kekalahan. Dengan begitu, anak akan belajar menyelesaikan masalah yang ada pada dirinya, sehingga menimbulkan rasa lebih percaya diri dan sportif.

Melakukan permainan yang melibatkan pergerakan fisik seperti permainan yang sudah disebutkan sebelumnya juga akan terlatih kecerdasannya, karena dalam melakukan permainan tersebut membutuhkan strategi untuk mendapatkan yang terbaik, untuk itu anak akan lebih sering mengatur strategi yang mana dapat mengasah kecerdasannya. Selain itu, dengan melakukan permainan tersebut juga mampu untuk membuat koordinasi kerja otak sehingga berkembang semakin bagus, dengan rajin bermain sambil berolahraga anak akan lebih mudah menyerap informasi yang diberikan.

Jika sobat dokcil ingin tetap sehat, mulai sekarang jangan pernah malas untuk berolahraga ya, karena melakukan aktifitas fisik ternyata banyak manfaatnya bagi tumbuh kembang kita. apalagi jika olahraganya dapat dilakukan sambil bermain bersama teman-teman sobat dokcil yang lain, pasti semuanya akan terasa sangat menyenangkan.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Hidup Sehat dengan Bermain