02/10/2017 11:35:04
Hari Peringatan

Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia

Hai sahabat dokcil! Hari ini tanggal 02 Oktober 2017 bertepatan dengan Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia. Sahabat dokcil sudah tahu belum apa itu batik dan kapan diresmikannya sebagai warisan kebudayaan Indonesia? Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna. Oleh karena itu, suatu kain dapat disebut batik apabila mengandung dua unsur pokok, yaitu jika memiliki teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna dan pola yang beragam hias khas batik. Kata batik itu sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu ”tik” yang berarti titik / matik (kata kerja, membuat titik) yang kemudian berkembang menjadi istilah ”batik”

Batik merupakan budaya asli Indonesia yang saat ini menjadi busana khas dari negara Indonesia. Batik tidak hanya sekedar kain tradisional dengan beragam corak. Didalam batik juga mengandung sejarah dan nilai – nilai tradisi dari bangsa Indonesia yang sangat berharga. Jika dibandingkan dengan kain – kain biasa, batik lebih memiliki nilai seni yang sesuai untuk semua kalangan.

Kain batik digunakan sebagai pakaian yang umumnya dipakai ketika ada acara formal. Kain Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Sejak 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia. Pengakuan internasional mebuat bangsa Indonesia bangga akan budaya batik dan tetap melestarikan keberadaan batik dengan semakin luas di Nusantara.

Maka dari itu, Sahabat dokcil sudah seharusnya bangga karena batik sudah diakui oleh dunia, oleh karena itu kita semua wajib melestarikannya sebagai warisan budaya untuk anak cucu kita nantinya.


Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Hari Peringatan: Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia