14/11/2017 14:59:06
Info Kesehatan

Teknologi dan Anak-anak

Sahabat dokcil, pada era globalisasi seperti saat ini, hampir semua anak-anak sudah mengenal gadget dan media digital seperti internet. Maka dari itu, di zaman serba digital, tantangan orang tua dalam mendidik anak tentu berbeda dibanding puluhan tahun lalu. Beberapa orang tua butuh usaha ekstra agar bisa mengimbangi perkembangan yang kian canggih ini. Jika diibaratkankan, internet itu seperti pisau yang bermata dua, yaitu bisa berdampak positif dan negatif dalam waktu yang bersamaan. Kurangnya pengawasan orang tua bisa membuat anak menjadi salah asuh dalam penggunaan teknologi dan komunikasi. 

Teknologi digital memang memiliki banyak manfaat misalnya menjadi sumber informasi, membangun kreativitas, membangun komunikasi, pembelajaran jarak jauh, berjejaring sosial, mampu mendorong pertumbuhan usaha, dapat memperbaiki pelayanan publik dan masih banyak lagi.

Melihat banyaknya manfaat tersebut, anak-anak sekarang yang lahir sebagai generasi digital mengadopsi perkembangan tersebut dengan dengan cepat. Karena itulah, peran orang tua sangat penting untuk mempersiapkan anak menghadapi era digital seperti ini.

Jangan sampai anak-anak kebablasan mengadopsi teknologi yang berakibat fatal bagi perkembangan anak. Orang tua diharapkan mampu melindungi anak-anak dari ancaman era digital namun tak menghalangi potensi manfaat yang ditawarkan.

Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, teknologi digital juga menyimpan bahaya yang tersembunyi khususnya yang berhubungan dengan kesehatan seperti masalah kesehatan mata akibat paparan berlebihan terhadap penggunaan telepon pintar dapat memicu penglihatan yang buruk. Kemudian masalah tidur anak dapat terganggu karena lamanya melihat layar digital dan dampak isi media digital tersebut.  Selain itu, anak akan mengalami kesulitan konsentrasi karena penggunaan media digital memiliki efek pada keterampilan mengubah perhatian anak. Hal tersebut dapat meningkatkan perilaku terlalu aktif dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Kemudian teknologi digital juga dapat menghambat perkembangan fisik. Dengan terus menerus menggunakan media digital, anak tidak melakukan aktivitas fisik di alam bebas, padahal hal tersebut diperlukan tubuh untuk tumbuh kembang yang optimal.

Sehingga hal tersebut berdampak pada perkembangan sosial anak menjadi terhambat. Anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih mementingkan diri sendiri sehingga sulit bergaul secara langsung. Selain itu, anak juga akan kesulitan mengenali berbagai nuansa perasaan, dan yang terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan media digital dapat menunda perkembangan bahasa anak, terutama untuk anak-anak usia 2 tahun dan dibawahnya.

Untuk itu disarankan bagi sahabat dokcil dan orang tuanya agar lebih memperhatikan lagi mengenai kebisaan anak dalam menggunakan teknologi sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada proses perkembangan anak.

 

Dikutip dari beberapa sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Teknologi dan Anak-anak