18/12/2017 17:42:34
Info Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anak

Saat ini, sudah banyak kedai kopi yang menjamur di kota Jakarta dan sekitarnya, sahabat dokcil pasti sudah tahu kan kopi itu apa, kebanyakan banyak yang beranggapan jika kopi itu tidak baik untuk anak-anak, akan tetapi, anggapan tersebut dipatahkan penelitian  yang menunjukkan anak yang diberikan minuman kopi satu sendok secara rutin mempunyai efek mencegah step saat mengalami demam. Kopi selain memiliki efek meningkatkan metabolisme tubuh pada orang dewasa ternyata juga baik buat balita.

Jika anak sudah berusia di atas 6 bulan, berikan minum kopi tubruk tersebut 1-3 kali seminggu sebanyak 1 atau 2 sendok teh. Pastinya bila si anak mengalami suhu badan yang meningkat tinggi sampai dengan 40 derajat celcius, pertolongan medis lebih dapat membantunya. Oleh karena itu, obat anti panas harus tersedia di rumah. Begitu panasnya sudah melebihi normal, jangan lagi diberi kopi, tapi obat penurun panas. Segera bawa ke dokter, jika panasnya semakin tinggi.

Sementara cara menangkal step lainnya, dengan mengakrabkan anak pada minuman alami yang bisa mendinginkan perut. Sebutlah cincau, bunga raya dan sebagainya. Pola ini memang ada yang berhasil, dan ada pula yang tidak. Semua tergantung pada kadar masalah yang dihadapi si anak. Namun untuk jaga-jaga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Dari segi gizi, kopi mengandung senyawa kaffein yang dapat merangsang kinerja sel syaraf. Pada takaran tertentu, kafein dapat memberikan hasil yang positif. Sementara kebalikannya, pada takaran yang berlebihan juga dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Selain itu, bagi yang memiliki sakit maag, sebaiknya menghindari kopi. Ternyata kopi bisa memicu kambuhmya penyakit maag. Memberikan kopi pada anak, harus diperhatikan juga dosisnya, jangan berlebihan karena lambung anak-anak belum terlalu kuat. Selamat mencoba dan selamat menikmati kopi.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anak