31/01/2018 16:31:48
Info Kesehatan

Tahukah kamu?! Manfaat Micin Bagi Kesehatan

Foto: Google.com

Sahabat dokcil pasti sering mendengar kata “micin” saat ini. Belakangan, istilah generasi micin banyak dipakai untuk menggambarkan perilaku orang-orang zaman sekarang yang tidak bisa dimengerti, terutama di media sosial. Apapun perbincangannya, pasti yang dibawa-bawa micin.

Meskipun micin lebih banyak dikenal sebagai bumbu yang memiliki efek kurang baik bagi otak, tahukah kamu? ternyata, jika dikonsumsi dengan benar sesuai dengan takarannya, ternyata micin juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan juga lho! dikutip dari cnnindonesia.com, berikut adalah 3 manfaat micin bagi kesehatan:

1. Mengurangi konsumsi garam

Rumah tangga kadang menyiasati pengurangan micin dengan memadukan gula dan garam. Perpaduan gula dan garam memang menciptakan rasa gurih pada masakan. Akan tetapi Profresor Hardinsyah, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia menjelaskan, micin terdiri dari natrium (12 persen), glutamat (78 persen) dan Air (10 persen). Jumlah natrium atau garam dalam micin tak seberapa dibanding garam dapur yakni sebanyak 36-39 persen.

"Jumlah natrium pada garam dapur itu lebih banyak dari micin. Ini tentu berisiko (timbul penyakit) jika kebanyakan natrium," lanjutnya.

Mereka yang terlalu banyak mengonsumsi natrium berisiko terkena hipertensi, stroke dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, mengurangi garam dan diganti dengan micin bisa membuat masakan lebih enak. Hardinsyah memberikan contoh, garam satu bagian dikurangi sebanyak 0,3 bagian, kemudian 0,3 bagian ini diganti dengan micin.

2. Mempercepat waktu cerna makanan

Saat makanan dikonsumsi, pencernaan dimulai saat makanan dikunyah. Glutamat pada micin merangsang produksi saliva sehingga makanan lebih cepat halus saat dikunyah. Kemudian proses ini berlanjut hingga ke lambung dan usus. Menurut Hardinsyah, makan lauk pauk dengan micin lebih mudah dicerna daripada yang tidak.

Selain itu, berdasarkan studi, bagi mereka yang memiliki penyakit gastritis atrofik kronik, micin membantu meningkatkan produksi cairan lambung. Gastritis atrofik terjadi saat antibodi menyerang lapisan lambung sehingga, lapisan lambung menjadi tipis dan kehilangan sebagian atau seluruh sel penghasil asam dan enzim.

"Pada pasien gastritis atrofik ternyata kalau dia diberikan MSG 2-3 miligram per hari, produksi cairan lambung meningkat, pencernaan pun lancar," ujarnya.

3. Meningkatkan selera makan dan kualitas hidup lansia

Berdasarkan penelitian Kenji Toyama dari Universitas Kanagawa, micin mampu meningkatkan asupan gizi karena nafsu makan bertambah. Selain itu, kualitas hidup lansia ini juga meningkat.

Penelitian ini melibatkan 11 lansia di sebuah rumah sakit. Selama dua bulan, mereka diberi bubur dengan tambahan micin sebanyak 0,5 persen. Artikel penelitian pun diterbitkan dalam Biological & Pharmaceutical Bulletin pada 2008.

Hal penting yang harus diingat oleh sahabat dokcil adalah, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan sudah pasti akan memiliki efek yang kurang baik, untuk itu dengan memperhatikan takaran yang benar, maka micin juga bisa jadi bermanfaat bagi tubuh kita.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tahukah kamu?! Manfaat Micin Bagi Kesehatan