06/02/2018 16:12:38
Tips

Begini Lho Caranya Supaya Kamu Jadi Doyan Sayur

Foto: Google.com

Bisa dibilang, anak yang hobi atau doyan makan sayur sangat sedikit. Selebihnya, malas bahkan tidak suka makan sayur. Nah, sahabat dokcil lebih suka mana? Ayo, ngaku...

Kalau saja sahabat dokcil tahu manfaat besar dari sayur, pasti kamu akan memaksakan diri untuk menyantapnya. Ya, dengan rutin makan sayur, kesehatan tubuh kamu sudah pasti lebih terjaga karena asupan nutrisinya terpenuhi.

Makan sayur juga bisa mengurangi risiko kegemukan. Manfaat lainnya adalah, kamu bisa lebih pintar karena konsentrasi belajar di sekolah akan membaik. Keren, kan?

So, gimana sih caranya supaya sahabat dokcil mau dan akhirnya doyan makan sayur? Berikut tips dari tim redaksi dokcil:

Ciptakan pelangi di mangkuk sayurmu

Maksudnya apa sih? Apa hubungannya sayur dengan pelangi? Nah, sahabat dokcil tentunya tahu jika sayuran itu berwarna-warni. So, untuk menciptakan pelangi di mangkuk sayurmu, pilih beberapa jenis sayur dengan warna berbeda.

Misalnya, brokoli, wortel, kembang kol, dan pak choi. Potong semua sayur tersebut menjadi kecil-kecil dengan bentuk menarik. Kemudian, sayuran direbus atau dikukus hingga lunak sehingga sedikitnya bisa menghilangkan rasa pahit untuk indera perasa anak.

Sajikan di piring atau mangkuk, lalu taburkan garam secukupnya. Sahabat dokcil juga bisa menaburkan madu, gula merah, atau mayonaise untuk menyamarkan rasa pahit yang mungkin masih tersisa.

Dibuat camilan

Kalau kamu masih belum tergugah dengan sajian ’’si pelangi’’ mungkin perlu strategi lain. Sahabat dokcil bisa mencoba menyantap camilan yang berbahan dasar sayuran, seperti kue bolu.

Memang bisa ya bikin bolu sayur? Jawabannya: bisa banget. Kamu mungkin sering makan bolu pisang, kan? Nah, cobalah ganti pisang dengan wortel atau bayam.

Selain dalam bentuk kue bolu, sayuran juga bisa dijadikan puding, jus, atau smoothies. Di sini, sahabat dokcil perlu ingat, bahwa sayur tak hanya dimasak dengan kuah, tapi juga bisa diolah menjadi camilan.

Menyamarkan sayuran

Masih ada trik lain agar sayuran tetap nikmat disantap. Yakni,  ’’menyulap’’ sayuran menjadi nugget atau sosis. Sahabat dokcil bisa mencampurkannya dengan daging ayam atau daging sapi.

Hampir bisa dipastikan bahwa setiap anak suka menyantap nugget dan sosis. Karena itu, menyamarkan sayuran ke dalam adonan nugget atau sosis, bisa menjadi alternatif lain. (*)

Dikutip dari beberapa sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Tips: Begini Lho Caranya Supaya Kamu Jadi Doyan Sayur