03/07/2018 14:42:11
Info Kesehatan

Tetap Sehat Selama Libur Panjang, Begini Caranya…

Foto: Google.com

Libur panjang memang menyenangkan. Meski begitu, sobat dokcil tetap harus menjaga kesehatan agar ketika masuk sekolah nanti tubuh dalam kondisi prima.

Selama libur panjang, mungkin sobat dokcil lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, dan bermain bersama teman-teman atau saudara-saudara yang lain. Nah, supaya kesehatan tetap terjaga, sobat dokcil harus memerhatikan hal-hal berikut ini: 

Konsumsi makanan yang sehat 

Makanan sehat tentu saja harus lengkap dan bergisi seimbang.  Makanan sehat harus terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah.

Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, kentang, dan gandum. Sumber protein diperoleh dari tahu, tempe, telur, ikan, dan daging. Sedangkan sumber lemak bisa dari keju, mentega, dan susu.

Nah, saat memilih susu, sobat dokcil perlu cermat. Pilihlah susu yang mengandung zat gizi makro (protein) dan mikro (vitamin dan mineral). Akan lebih baik lagi jika susu juga mengandung nutrisi yang di dalamnya membantu meningkatkan daya tahan tubuh seperti nukleotida, laktoferin, prebiotik (laktulosa), dan probiotik Bifidobacterium.

Nukleotida berperan dalam meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit dan infeksi. Sementara, prebiotik (laktulosa) adalah makanan untuk pertumbuhan bakteri  baik di saluran cerna.

Probiotik Bifiodobacterium juga merupakan bakteri  baik yang terdapat di saluran cerna. Kombinasi prebiotik dan probiotik ini berfungsi agar sobat dokcil tidak mudah diare dan sembelit serta memperbaiki penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Cukup istirahat

Walau asyik bermain, sobat dokcil tetap harus punya waktu untuk istirahat yang cukup. Karena itu, disiplinkan jadwal tidur.

Perlu diketahui, waktu tidur malam untuk anak berusia 3-5 tahun adalah selama 10-13 jam. Sementara untuk anak berusia 6-13 tahun membutuhkan tidur sebanyak 9-11 jam.

Rutin berolahraga

Libur sekolah bukan berarti libur berolahraga, lho.  Sobat dokcil harus tetap bergerak selama liburan. Tak harus dengan olahraga yang konvensional apalagi berat. Bersepeda atau naik bukit dapat menjadi pilihan yang mengasyikkan.

Manfaat dari berolahraga tak perlu diragukan lagi. Saat bergerak aktif, sistem kekebalan tubuh sobat dokcil pun akan meningkat sehingga tak mudah sakit. (*)

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Tetap Sehat Selama Libur Panjang, Begini Caranya…