08/08/2018 13:41:06
Info Kesehatan

Habis Olahraga Jangan Langsung Mandi, Ya…

Foto: Google.com

Setelah berolahraga, badan pastinya terasa lengket oleh keringat. Nah, biasanya yang terbayangkan adalah cepat-cepat mandi.

Tapi, hati-hati. Sebaiknya jangan langsung mandi seusai berolahraga. Paling tidak, kasih jarak waktu atau pendingingan minimal 20 menit.

Fakta yang perlu sahabat dokcil ketahui, saat berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat.

Jika Anda langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar. Ini akan membuat Anda rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.

Lalu, apakah sebaiknya mandi air dingin atau air hangat? Mandi air hangat dan dingin sama-sama bermanfaat bagi tubuh.

Dokter Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California, menyatakan bahwa mandi air hangat memicu lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Selain itu, mandi air hangat juga membuat Anda lebih rileks setelah rasa lelah yang mendera.

Sedangkan mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit. Ketika Anda berolahraga, detak jantung akan meningkat. Saat itu, kebutuhan oksigen meningkat dan tubuh secara alami akan menghasilkan asam laktat di otot.

Kondisi ini normal terjadi saat Anda sedang melakukan olahraga yang cukup intens, karena tubuh mengandalkan cadangan energi yang ada.  Saat jumlah asam laktat meningkat, maka akan menimbulkan perasaan seperti rasa terbakar saat berolahraga. Jadi mandi air dingin bisa jadi pereda rasa panas ini.

Selain itu, mandi air dingin juga mengurangi risiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens. Secara keseluruhan, mandi air dingin setelah latihan membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menjadi penyebab kerusakan jaringan serta pembengkakan. (*)

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Habis Olahraga Jangan Langsung Mandi, Ya…