12/09/2018 16:02:52
Info Kesehatan

Manfaat Lari Setiap Hari

Foto: Google.com

Tanggal 9 September kemarin merupakan peringatan Hari Olahraga Nasional, Sahabat dokcil tahu tidak olahraga apa yang sedang jadi tren gaya hidup akhir-akhir ini?

Jawabannya adalah lari!

Lihat saja event-event maraton yang dipadati oleh begitu banyak peserta yang menunjukkan bahwa olah raga lari saat ini sedang naik daun. Tidak hanya itu, klub-klub lari juga mulai bermunculan di berbagai kota besar di Indonesia. Bahkan lari juga menjadi ajang pengumpulan donasi oleh beberapa instansi tertentu.

Akan tetapi, tahukan kamu ternyata tidak hanya sedang tren dan hits, lari memang menyimpan 6 manfaat hebat untuk tubuh.

Dikutip dari Runnersworld, berikut adalah 6 manfaat dari olahraga lari:

1. Berlari membuat Anda lebih bahagia

Banyak yang mengatakan olahraga ini bisa membuat kita terhindar dari stres dan merasa lebih rileks setelah melakukannya. Ini karena dengan berolahraga, khususnya lari, tubuh akan melepaskan hormon endocannabinoids yang membuat perasaan menjadi lebih baik. Olahraga ini juga direkomendasikan untuk mereka yang mengalami kecemasan hebat dan rentan depresi. Menurut jurnal Adolescent Health, berlari selama 30 menit setiap hari akan menambah konsentrasi dan memperbaiki suasana hati.

2. Menurunkan berat badan

Berlari adalah cara yang tepat untuk membakar kalori dan otot tubuh lebih terbentuk. Lemak akan berkurang dan tubuh sehingga bisa jadi lebih bugar. Kalau ingin menghilangkan tumpukan lemak di perut, coba saja untuk rutin berlari setiap pagi.

3. Memperkuat kaki, tulang dan sendi

Berlari bisa meningkatkan massa tulang dan bahkan membantu mengurangi risiko osteoporosis. Penelitian dari Boston University juga membuktikan bahwa rutin berlari akan meningkatkan kekuatan kaki dan lutut kita.

4. Membantu otak tetap bekerja optimal meski sudah tua nanti

Berolahraga secara teratur akan membuat otak tetap bekerja optimal dan 'tajam' hingga tua nanti. Orang dewasa dengan fisik yang bugar dan sering berlari memiliki skor lebih baik dalam tes kesehatan mental dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak berolahraga. Berlari juga akan menambah konsentrasi dan mempertajam ingatan seseorang.

5. Mengurangi risiko kanker

Berlari tidak dapat menyembuhkan kanker, tapi bisa mengurangi risiko terserang kanker. Sebuah tinjauan dari studi Journal of Nutrition menunjukkan bawa olahraga kardio secara teratur menyebabkan tingkat risiko kanker lebih rendah. Itulah sebabnya banyak orang yang rutin berlari sejak masih muda.

6. Berlari menambah usia harapan hidup

Bahkan jika hanya memenuhi jumlah minimal olahraga, yaitu 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu, maka kita akan hidup lebih lama. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine menunjukkan bahwa orang yang berolahraga teratur punya usia harapan hidup yang lebih lama. Anda harus lebih memerhatikan aktivitas fisik agar lebih maksimal, khususnya dalam berlari.

Cukup berlari selama 30 menit per hari sudah bisa memberi tubuh enam manfaat luar biasa ini! Jadi, masih ada alasan buat malas olahraga?

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Manfaat Lari Setiap Hari