15/10/2018 17:31:16
Tips

Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Foto: Google.com

Mata adalah bagian penting dari kesehatan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan memastikan penglihatan tetap baik. Para peneliti telah menemukan bahwa penyakit mata tertentu seperti katarak, mata minus, silinder, mata buram, mata kabur, penglihatan ganda, glaukoma, sindrom mata kering atau degenerasi makula dan jenis gangguan mata lainnya dapat diperlambat atau dicegah dengan beberapa cara dari mulai mengatur asupan vitamin atau mineral tertentu.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dari mulai sekarang untuk menjaga kesehatan mata, yaitu:
 
Lakukan Pemeriksaan Rutin

Banyak orang berpikir berpikir bahwa penglihatan mereka baik-baik saja, tetapi melakukan pemeriksaan mata ke dokter mata adalah satu-satunya cara yang benar-benar memastikan apakah mata kita mengalami gangguan atau tidak.

Selain itu, banyak penyakit mata umum seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan-degenerasi makula terkait usia sering tidak memiliki tanda-tanda peringatan. Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan rutin pada dokter merupakan cara yang tepat.

Konsumsi makanan yang baik untuk penglihatan

Pilih makanan yang kaya antioksidan, seperti vitamin A dan C; makanan seperti berdaun, sayuran hijau dan ikan. Banyak makanan –terutama ikan– mengandung asam omega-3 lemak esensial yang penting bagi kesehatan makula, bagian dari mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

Kurangnya asupan antioksidan, konsumsi alkohol atau lemak jenuh dapat membuat reaksi radikal bebas yang dapat membahayakan makula – bagian tengah retina. Diet tinggi lemak juga dapat menyebabkan deposito yang menyempitkan aliran darah di arteri ke mata.

 

Menjaga berat badan

Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata diabetes atau glaukoma. Jika kamu mengalami kesulitan menjaga berat badan yang sehat, sebaiknya dari mulai sekarang harus rajin berolahraga.

Obesitas telah ditemukan menjadi faktor risiko katarak, namun mekanismenya masih belum jelas. Dari berbagai jenis katarak, katarak kortikal dan katarak posterior subkapsular adalah jenis katarak yang paling konsisten dikaitkan.

Berhenti merokok

Merokok memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Perokok secara signifikan meningkatkan risiko katarak dibandingkan dengan non-perokok. Bahkan, studi menunjukkan bahwa orang yang merokok menempatkan kesempatan mereka membentuk katarak, dan risikonya akan terus meningkat.

 

Studi menunjukkan perokok dapat memiliki peningkatan tiga kali lipat risiko pengembangan AMD dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok. Berhenti merokok pada usia berapa pun, bahkan di kemudian hari, secara signifikan dapat mengurangi risiko untuk mengembangkan AMD dan tentunya menjaga mata tetap sehat.

Gunakan kacamata hitam

Kacamata hitam akan membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari (UV). Terlalu banyak terparan sinar UV dapat membuat mata memungkinkan untuk mendapatkan katarak dan degenerasi makula.

Bersihkan tangan Anda ketika ingin menyentuh mata atau lensa kontak

Untuk menghindari risiko infeksi, selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum meletakkan di atau mengambil lensa kontak. Pastikan untuk mensterilkan lensa kontak seperti yang diperintahkan dan menggantinya sesuai anjuran.

Selain dapat menjaga kesehatan mata Anda, membersihkan tangan juga dapat mencegah terhindar dari beberapa jenis penyakit.

Cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau fokus pada satu hal, kamu kadang-kadang lupa untuk berkedip dan mata kamu bisa lelah. Cobalah aturan ini 20-20-20: Setiap 20 menit, berpaling sekitar beberapa meter di depan selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata.

Hindari konsumsi minuman beralkohol

Penggunaan alkohol yang berlebihan jangka pendek dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen karena efek langsung dari alkohol pada saraf optik. Alkohol juga memperlambat laju komunikasi antara neurotransmitter di otak. Neurotransmiter adalah utusan kimia yang mengkomunikasikan informasi di sekitar otak dan tubuh.

Keterlambatan dalam komunikasi antara otak dan mata berarti bahwa mereka tidak mampu berfungsi secara efektif yang melemahkan koordinasi otot mata. Hal inilah yang menyebabkan visi terdistorsi atau ganda. Alkohol dapat mempengaruhi penyerapan vitamin dalam hati, vitamin yang dibutuhkan untuk mempertahankan penglihatan yang sehat. Misalnya, vitamin B-1 defisiensi akibat konsumsi alkohol dapat menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan otot mata.

Tidur yang cukup

Kamu mungkin tidak tahu bahwa kurangnya istirahat dapat berbahaya bagi penglihatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mata membutuhkan setidaknya lima jam tidur per malam untuk benar mengisi. Tanpa waktu itu, mata tidak dapat bekerja pada potensi penuh mereka. Salah satu efek samping yang umum dari kurang tidur adalah kejang mata.

 

Seiring waktu, kurang tidur dapat menyebabkan konsekuensi serius pada penglihatan mata termasuk gangguan pembuluh darah muncul karena ketegangan mata. Selain itu, kekurangan tidur dapat menyebabkan mata kering, kondisi saat air mata tidak memadai melumasi mata. Ketika mata kering hal ini mengakibatkan mata mengalami rasa sakit, sensitivitas cahaya, gatal, kemerahan atau bahkan penglihatan kabur.

 

*Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Tips: Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami