18/10/2018 17:43:33
Info Kesehatan

Yuk, Cegah Osteroporosis Sejak Dini!

Foto: Google.com

Setiap tanggal 20 Oktober, seluruh dunia memperingati Hari Osteoporosis. Apa sebenarnya osteoporosis, dan bagaimana cara mencegahnya?

Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang. Saat itu lah tulang jadi memiliki pori yang membuat penderita osteoporosis sangat rapuh terhadap trauma, dan fraktur. 

Semakin bertambahnya umur seseorang, semakin besar ia berisiko mengalami osteoporosis. Penyakit ini paling sering menyerang wanita ketika sudah memasuki usia menopause. Kekurangan kalsium menjadi penyebab utamanya. 

Penyebab osteoporosis lebih sering dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kurangnya hormon estrogen pada wanita, dan hormon androgen pada pria.

Kurangnya asupan kalsium dan asupan vitamin D di dalam tubuh juga dapat menyebabkan osteoporosis. Kurangnya latihan fisik, bisa juga menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang. Kalau dari penyakit, kanker tulang berisiko menyebabkan osteoporosis.

Cara Mencegah Osteoporosis

Sebelum terlambat, segera lakukan cara mencegah penyakit osteoporosis seperti berikut ini:

Makanlah makanan yang banyak mengandung kalium dan vitamin K untuk mencegah kalsium dalam tulang tidak berkurang, dan makan kedelai untuk mempertahankan kepadatan tulang. Dapatkan kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan setiap hari. 

Kalsium penting untuk membangun kekuatan tulang. Makan makanan kaya kalsium adalah cara terbaik untuk mendapatkan kalsium, atau Anda bisa mengonsumsi suplemen kalsium. Sedangkan vitamin D penting untuk melindungi tulang, dan tubuh untuk menyerap kalsium. Vitamin D bisa didapatkan melalui sinar matahari yang cukup, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D atau mengonsumsi suplemen.

Olahraga teratur juga sebagai pencegahan osteoporosis. Berolahraga secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan stamina, kekuatan, postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan membantu mencegah keroposnya tulang.

Cara mengatasi osteoporosis berikutnya adalah jangan mengonsumsi alkohol, karena alkohol dapat mencegah penyerapan kalsium dalam tulang. Berhentilah merokok karena dapat meningkatkan fraktur tulang di usia tua.

Berkonsultasilah dengan dokter tentang kemungkinan Anda terkena osteoporosis, dan tanyakan kapan menjalani tes kepadatan tulang. (*)

 

*Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Yuk, Cegah Osteroporosis Sejak Dini!