31/10/2018 11:52:41
Info Kesehatan

Selagi Muda, Yuk Terapkan Pola Hidup Sehat!

Foto: Google.com

Sejatinya, pola hidup sehat diterapkan sejak kita masih muda. Pada kenyataannya, banyak yang menyadari hal ini namun hanya sedikit orang yang menjalaninya. Tak heran jika banyak orang terkena penyakit di usia yang masih muda.

Memang sih, setiap manusia nantinya pasti akan merasakan sakit tapi setidaknya kita harus mencegahnya agar selalu sehat. Sebab, orang yang sehat hakikatnya dapat melakukan banyak aktivitas.

Pola hidup sehat dapat menghindarkan kita dari berbagai risiko penyakit di hari tua. Ya, kesehatan adalah hal utama dan modal dalam berkarya, khususnya bagi generasi dewasa-muda berusia 18 hingga 30 tahun yang dikenal sebagai ’’The Yanks’’.

The Yanks adalah sebutan untuk generasi usia dewasa-muda yang penuh ide dan ambisi dalam mengejar mimpi mereka. Generasi produktif ini selalu berupaya menjawab tantangan kehidupan.

Generasi ini mempunyai banyak tugas yang harus dipenuhi, mulai dari menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi, mencari pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan, serta meraih sukses, baik dalam hal karir maupun bisnis yang mereka rintis.

Tantangan-tantangan tersebut menuntut seseorang yang tergolong  ’’The Yanks’’ untuk selalu mengembangkan diri, mandiri, dan berdedikasi dalam menjaga komitmen. Apalagi saat ini, saingan-saingan untuk melakukan semua hal di atas terbuka lebar sehingga tantangan yang dihadapi menjadi lebih rumit.

Karena itu, sudah seharusnya kita segera memiliki sikap positif akan kesehatan. Peduli akan kesehatan jiwa dan raga. Hal ini penting karena kesehatanjiwa dan raga memungkinkan kaum dewasa-muda untuk mengeksplorasi dunia, menggali potensi diri, dan meraih kesempatan untuk menghasilkan sesuatu yang unik, merealisasikan mimpi, dan menghadapi tantangan di tahap perkembangan berikutnya.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat?

Hal paling utama untuk dilakukan adalah menyempatkan waktu berolahraga. Jogging, misalnya. Jogging adalah salah satu jenis olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Olahraga joging tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena kita hanya bermodalkan sepatu untuk jogging.

Olahraga yang satu ini juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Yakni, membakar lemak, memperbesar otot, mengurangi stres, menambah kekuatan fisik, dan membuat badan senantiasa segar sepanjang hari.

Selain itu, biasakan mengistirahatkan tubuh dengan cara yang benar, misalnya tidur sebelum jam 12 malam. Dengan demikian, ketika bangun pagi tubuh akan selalu terasa bugar.

Bangun pagi hari sangatlah baik bagi tubuh kita. Orang yang bangun dipagi hari juga mempunyai banyak peluang untuk mengerjakan sesuatu hal terlebih dahulu dan menjemput rezeki terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk tidak merokok! Ya, rokok adalah salah satu benda paling tidak sehat untuk tubuh. Produk tembakau ini telah dikaitkan dengan berbagai penyakit mematikan, seperti kanker, masalah jantung dan pernapasan.

Berbicara soal pola hidup sehat, pastinya tak lepas dari pola makan yang sehat. Nah, mulailah menjaga pola makan dengan hanya mengonsumsi makanan sehat. Kalaupun sesekali terpaksa makan makanan tidak sehat, segera imbangi dengan berolahraga dan banyak minum air putih. (*)


*dikutip dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Selagi Muda, Yuk Terapkan Pola Hidup Sehat!