01/11/2018 14:16:21
Info Kesehatan

Sehat Itu Murah Kok, yang Mahal Kalau Sudah Sakit

Foto: Google.com

Mungkin sering kita mendengar istilah  ’’Sehat itu Mahal’’ tapi sebenarnya tidak demikian. Hidup sehat itu murah, kok. Yang bikin jadi mahal, kalau kita sudah sakit. Setuju?

Jaga sehat sebelum sakit. Ini merupakan salah satu slogan yang banyak digaungkan, terutama oleh para tenaga kesehatan. Perubahan orientasi penanganan kesehatan dari kuratif (pengobatan) menjadi preventif (pencegahan), saat ini memang sedang gencar-gencarnya diterapkan.

Hal ini ditunjukkan melalui banyaknya kegiatan yang berbau promosi kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengajak masyarakat luas untuk memiliki pola hidup sehat. Sebab, kesehatan sangatlah berharga.

Sayangnya, pentingnya menjaga kesehatan sering sekali diabaikan oleh banyak. Terutama oleh mereka yang memiliki badan masih bugar. Banyak anak muda yang kurang memerhatikan pola hidup dan menjalani cara hidup yang instan.

Junkfood, minuman instan, kurang istirahat, terlalu banyak bekerja dan masih banyak lagi kebiasaan tak sehat yang dilakukan manusia di zaman ini. Hebatnya lagi, hal-hal tersebut sudah dianggap sebagai sesuatu yang lumrah.

Padalah ketika sakit, kamu akan merasakan perasaan yang tidak nyaman, sehingga bisa menghambatmu ketika ingin melakukan sesuatu, terutama jika penyakit yang diderita cukup parah hingga menyebabkan meninggal dunia.

Tentunya kamu ga mau hal ini terjadi bukan? Karena itu, sebelum menyesal, sebaiknya kita mulai memerhatikan dan menjaga kesehatan tubuh. Caranya tentu saja tak lain dengan menerapkan pola hidup sehat. Tepiskan rasa malas yang sering datang sebagai kendala!

Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan hal penting, karena dapat memulihkan tenaga setelah kamu beraktivitas seharian penuh. Tubuh akan rentan terhadap penyakit apabila kamu memiliki jadwal aktivitas yang padat tetapi kurang istirahat. Luangkanlah waktu untuk beristirahat yang cukup, karena dengan cara ini kamu sudah melakukan cara hidup yang sehat.

Mengonsumsi makanan yang bergizi

Untuk mendapatkan hidup sehat yang terhindar dari penyakit, kamu harus mengonsumsi makanan bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini sering sekali diabaikan oleh setiap orang.

Apalagi pada saat ini banyak sekali makanan cepat saji yang mengandung zat MSG sangat tinggi.  Ingat, zat MSG dapat memicu munculnya penyakit mematikan seperti kanker.

Menghindari makanan berlemak

Makanan berlemak merupakan sarang bagi kolesterol jahat. Kolesterol merupakan pemicu dari munculnya penyakit kronis dan dapat menyumbat aliran darah. Karena itu hindarilah makanan yang digoreng, dan mengandung santan. Penimbunan lemak dapat membuat tubuh kamu menjadi gemuk, dan berujung pada terganggunya kesehatan tubuh. 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Sehat Itu Murah Kok, yang Mahal Kalau Sudah Sakit