07/11/2018 17:52:43
Info Kesehatan

Memelihara Hewan di Rumah Ternyata Bisa Menghilangkan Stres

Foto: Google.com

Bersyukurlah kalau kamu punya hewan peliharaan di rumah. Sebab, memiliki hewan peliharaan ternyata bisa membuat kamu bahagia, lho! Tentu saja jika hewan peliharaan itu kamu rawat dengan penuh kasih sayang.

Memelihara hewan di rumah memang butuh perhatian ekstra, mulai dari biaya, waktu, dan tenaga. Akan tetapi, di balik itu semua, mampu mendatangkan manfaat yang lebih besar dan tidak bisa dibeli oleh uang, yakni kebahagiaan. Kok bisa? 

Psikolog Klinis Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, menuturkan, bagi anak-anak, memelihara hewan di rumah dapat mengajarkan mereka tanggung jawab, seperti bertanggung jawab membersihkan kotoran, memberi makan, dan mengajak bermain. Secara tidak langsung kontinuitas pekerjaan yang dilakukan anak terhadap hewan peliharaanya juga melatih mereka untuk disiplin.

"Selain itu, anak juga bisa berkreativitas jika mereka mendandani hewan peliharaan. Seperti memakaikan aksesori gelang atau kalung di kaki atau leher kucing dan anjing peliharaan, memakaikan baju, atau menghias kandang. Dengan memelihara hewan, anak juga belajar kasih sayang" terang Arrudina seperti dikutip dari Okezone.

Memelihara hewan peliharaan bukan saja bermanfaat bagi anak-anak. Psikolog lulusan Universitas Padjajaran ini menyatakan, memelihara hewan bermanfaat bagi orang dewasa khususnya bagi pria dan wanita single.

"Memiliki hewan peliharaan di rumah juga bisa memenuhi kebutuhan afeksi. Terutama bagi mereka yang masih single, jadi punya companion (teman-red) di rumah dan bisa mendapatkan afeksi dari binatang peliharaannya. Sehingga mengurangi rasa kesepian juga" ujarnya.

Psikolog yang akrab disapa Dina ini juga mengatakan, jika orang-orang yang memelihara hewan di rumahnya lebih minim risiko depresi. Banyak artikel menyebut, punya peliharaan di rumah bagus untuk kesehatan mental dan mengurangi stres.

"Sebab, dari hewan peliharaan kita dapat afeksi dan companion. Jadi ketika sedang sedih atau down, mereka selalu ada untuk kita. Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah, mau enggak mau, meskipun lagi depresi, kita harus bangun dari tempat tidur dan ngurus peliharaan kan? Seperti memberi makan, mengajak anjing peliharaan jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Hal-hal yang dilakukan itu berdampak baik bagi kesehatan mental" ucapnya. (*)


*dikutip berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Memelihara Hewan di Rumah Ternyata Bisa Menghilangkan Stres