29/11/2018 16:13:54
info Kesehatan

Tanaman Beracun yang Tidak Cocok Ditaruh di Dalam Rumah

Foto: google.com

Tidak semua tanaman indoor bermanfaat untuk kesehatan, malah sebaliknya bisa menjadi racun bagi tubuh. Racun itu umumnya berasal dari daunnya, dan mengeluarkan aroma yang sangat intens atau zat biologis aktif. 

Jika racun atau aroma ini sering terhirup, dapat menyebabkan sakit kepala pada orang hipersensitif atau alergi. Tentu saja hal ini jarang sekali disadari bahwa penyebabnya adalah tanaman yang ditaruh di dalam rumah. Nah, apa saja jenis tanaman itu?  

 

Seperti dikutip dari healthyandnatural.life, tanaman yang paling berbahaya adalah Azalea, Clivia, Euphorbia milii (Goods Thorn) Monstera, Browallia (Browallia L.) Gloriosa, Philodendron, Oleander, Croton, dan Dieffenbachia. Yuk, kita simak apa saja dampak buruk dari tanaman-tanaman ini. 

1. Gloriosa. Cairan dari tanaman Gloriosa sangat berbahaya bagi anak-anak, karena jika masuk ke dalam tubuh anak akan merangsang rambut rontok dan merusak ginjal.

2. Clivia mengandung licorine yang dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kelumpuhan. Dalam dosis kecil menyebabkan muntah dan keracunan.

 

3. Azalea. Jika Anda sengaja makan daun dari Azalea indah, bersiaplah untuk mengalami kram perut berkepanjangan dan kejang epilepsi.

 

4. Dieffenbachia merupakan tanaman dalam ruangan yang sangat bagus, sekaligus sangat berbahaya. Cairannya beracun, dan dapat menyebabkan keracunan yang serius pada anak-anak.

 

5. Daun Philodendron mengandung asam beracun. Jika seorang anak terkena getahnya, itu seperti diracuni.

 

6. Oleander. Cairan tanaman ini menyebabkan kebutaan, dan baunya membuat pusing.

 

7. Croton. Jika cairan daun tanaman ini terkena pada kulit, itu dapat menyebabkan luka bakar yang parah, dan jika terkontaminasi ke dalam darah bisa berujung kematian.

 

Seram juga ya? Sayangnya, ketujuh jenis tanaman ini justru paling banyak diminati orang untuk dijadikan pemanis ruangan. Apakah kamu juga menyukainya? Jika ya, lebih baik segera menyingkirkannya dari dalam rumah kamu. 

 

Selain ketujuh tanaman di atas, ada dua jenis lain yang perlu diwaspadai terutama jika kamu sering menderita sakit kepala atau reaksi alergi, yakni bunga lili, pakis, dan sedap malam. Lili dan pakis akan menyerap oksigen sepanjang malam, dan mengeluarkan karbon dioksida yang dapat menyebabkan sakit kepala pada pagi hari. Selain itu bau yang kuat dari bunga lili dapat menyebabkan insomnia. Karena itu, sebaiknya kedua tanaman jangan disimpan di kamar tidur.

Sementara, bunga sedap malam (polianthes tuberosa) juga memancarkan partikel yang merangsang indera penciuman. Orang yang menderita hipertensi, penyakit jantung, berisiko jika mereka bernapas menyebabkan ketidaknyamanan, pusing dan depresi. (*)

 

*dikutip dari beberapa sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
info Kesehatan: Tanaman Beracun yang Tidak Cocok Ditaruh di Dalam Rumah