27/12/2018 14:27:09
Info Kesehatan

Cermat Memilih Kudapan yang Sehat

Foto: google.com

Hampir setiap orang suka ngemil, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Di sisi lain, banyak anggapan bahwa kebiasaan ngemil tidak baik untuk kesehatan. Bagaimana cara memilih camilan atau kudapan yang sehat dan membiasakannya sejak masa kanak-kanak?

Di masa pertumbuhannya, anak-anak memang sangat mudah terserang rasa lapar. Terutama jika mereka termasuk anak yang aktif atau gemar berolahraga. Kudapan merupakan cara yang paling tepat untuk memuaskan rasa lapar tersebut. Karena itu, pastikan Anda memberi jenis kudapan yang sehat dan tepat untuk mereka.

Pilihlah jenis makanan yang bisa meningkatkan atau memberikan pasokan energyi bagi mereka, tanpa membuat anak menjadi gemuk, yaitu yang mengandung karbohidrat kompleks sekaligus  tinggi protein, seperti roti gandum yang dikombinasikan dengan selai kacang, keju atau yogurt rendah lemak.
Hindarilah jenis makanan yang mengandung karbohidrat tunggal, seperti coklat batangan atau minuman bersoda.

Jangan mudah terkecoh dengan label pada kemasan makanan yang tersedia di toko dan warung. Label yang bertuliskan ”murni”, ”alami”, atau ’’rendah lemak”, tidak seratus persen benar pada kenyataannya. Sebab, gula yang ditambahkan ke dalam makanan sudah menunjukkan bahwa makanan tersebut tinggi kalori namun kurang bernutrisi. 

Cara terbaik adalah dengan membaca daftar bahan makanan dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut, yang tertulis pada kemasannya. Pastikan kudapan anak Anda berasal dari tiga jenis makanan ini, yaitu buah dan sayuran, susu dan produk olahannya, serta gandum dan teman-teman sejenisnya, seperti roti, kentang, dan sereal. Dengan membiasakan anak-anak mengonsumsi kudapan yang sehat, maka kemungkinan besar mereka hanya akan memilih camilan yang juga sehat di kemudian hari. (*)

*dikutip dari berbagai sumber
 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Cermat Memilih Kudapan yang Sehat